Wisata pantai dan romantis di Yogyakarta hanya di Pantai Parangkusumo

Jika mendengar kata pantai Parangtritis tentunya sudah banyak sekali wisatawan yang mengenalnya. Hal ini tentunya dikarenakan pesona pantainya yang memukau. Namun tahukah anda bahwa tetangganya ada pantai yang tak kalah indah untuk anda kunjungi yaitu pantai Parangkusumo. Biasanya pantai yang satu ini lebih dikenal berkat keindahan sunsetnya. Selain itu wisata pantai ini juga terkenal dengan legenda mistisnya.

Pastinya kedua hal itu membuat para pengunjung merasa semakin penasaran saja. Arus ombak yang ada di pantai Parangkusumo ini terbilang cukuplah besar. Sehingga anda dilarang buat berenang bahkan mandi disekitar lokasi pantai. Lokasi wisata pantai Parangkusumo ini lebih tepatnya ada di kabupaten Bantul dengan jarak sekitar 30 km jika anda berasal dari pusat kota. Sedangkan jika anda tempuh menggunakan kendaraan, anda hanya perlu waktu satu jam saja untuk bisa sampai di kawasan pantai.

Kegiatan seru sekaligus ritual yang ada di Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo juga di kenal sebagai pantai yang sakral sehingga ada beberapa ritual yang tak pernah absen dilakukan. Mulai dari Labuhan, Upacara Melasti,Semedi, Labuhan Ageng maupun tirakatan sekalipun. Selain menyimpan mitos ternyata pantai yang satu ini juga terkenal berkat keindahan sunset yang begitu menarik. Apalagi pesona ombak yang bergulung  serta pasir yang halus semakin melengkapi keindahan pantai Parang Kusumo ini.

Banyak sekali fasilitas yang tersedia di lokasi wisata pantai ini. Seperti halnya dengan menyewa ATV yang sering dihargai dengan Rp 50.000 per 15 menitnya. Bahkan anda juga bisa menaiki sebuah kereta kuda dengan harga Rp 20.000 saja untuk satu kali putaran. Fasilitas yang sudah disediakan wisata parang kusumo juga cukup memadai. Dimana anda bisa dengan mudah menemukan toilet umum, masjid, rumah makan, penginapan hingga kios yang menjual beraneka macam cinderamata untuk di bawa pulang.

Jauh-jauh anda berkunjung ke Pantai Parang kusumo rasanya kurang lengkap jika anda tidak mencoba berseluncur dengan papan diatas pasir. Gumuk pasir memiliki jenis pasir barchan yang mana itu menjadi sebuah keajaiban yang ada di daerah tropis. Berkat keunikannya, pantas saja beberapa artis, majalah, perusahaan iklan sering memanfaatkan lokasinya untuk pemotretan. Mungkin anda hanya di kenakan biaya sekitar Rp 3.000 rupiah saja. Memang harga yang amat sangat terjangkau sekali tentunya.

Bagi anda yang belum tahu lokasi wisata pantai Parangkusumo ini, anda tak perlu khawatir sebab lokasinya mudah anda temukan. Jika anda berawal dari Jalan Malioboro, anda hanya tinggal lurus hingga sampai di perempatan titik nol km belok saja ke kiri sampai di perempatan Gondomanan belok ke kanan sampai di jalan Brigjen Katamso lalu dilanjutkan perjalanan hingga ke perempatan Jalan parangtritis lurus saja mengikuti papan penunjuk arah hingga sampai di lokasi wisata Pantai Parangkusumo.