Wisata Istana Kepresidenan Republik Indonesia Cipanas 2018

Jika Anda mengunjungi kawasan wisata Puncak, Anda tidak boleh melewatkan tujuan wisata bersejarah ini. Istana Kepresidenan Cipanas. Terletak di kaki Gunung Gede di desa Sindang Jaya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Istana Kepresidenan Cipanas adalah salah satu dari enam istana kepresidenan di Indonesia.
Keindahan Istana Kepresidenan Cipanas tidak ada duanya. Arsitektur kuno istana ini, suasana di dalamnya terasa klasik dan menarik. Sangat buruk jika Anda tidak mengunjungi istana ini ketika Anda pergi ke Cianjur.

Lokasi dan gambar istana kepresidenan Cipanas
Istana Kepresidenan Cipanas terletak sekitar 103 kilometer dari Jakarta dan 20 kilometer dari kota Cianjur. Istana Kepresidenan Cipanas terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Istana ini dibangun di atas lahan seluas 26 hektar dan memiliki luas bangunan sekitar 7.760 meter persegi.

Istana Cipanas dibagi menjadi bangunan utama, enam paviliun, pemandian air panas dan masjid. Bangunan utama di istana biasanya digunakan sebagai tempat untuk mengistirahatkan keluarga presiden dan keluarga wakil presiden. Bangunan ini didominasi oleh struktur kayu jati.

Segera setelah Anda memasuki area istana Cipanas, Anda akan disambut oleh ratusan kamera pengintai di sekitar istana. Istana Arsitektur dan keindahan taman klasik ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Perlu dicatat bahwa Anda bebas memotret segala sesuatu yang ada di luar Istana Cipanas, tetapi begitu memasuki ruang istana, Anda tidak boleh memotret satu elemen di dalam kastil. Keamanan tidak diragukan lagi adalah alasan utama untuk larangan tersebut.

Anda akan merasa seperti Anda berada di museum lukisan ketika Anda datang ke istana Cipanas ini. Dinding Istana Cipanas dihiasi hampir seluruhnya dengan lukisan oleh pelukis terkenal saat itu. Ada 310 lukisan di Istana Cipanas dan 240 di antaranya adalah koleksi presiden swasta Soekarno. Istana Cipnas memiliki lima paviliun di samping bangunan utama, dinamai setelah Presiden Berdaulat, Presiden Pandawa.

Sejarah Istana Kepresidenan Cipanas
Bangunan Istana Cipanas sebenarnya adalah bangunan pribadi yang dimiliki oleh pemilik tanah Belanda pada tahun 1740. Namun seiring waktu, bangunan itu digunakan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Dia sangat tua, kan? Istana kepresidenan Cipanas, sebenarnya, diklaim sebagai istana tertua di Indonesia.

Istana Kepresidenan Cipanas adalah salah satu istana yang memiliki berbagai sejarah penting sejauh ini. Misalnya, ruang makan di rumah utama. Pada 13 Desember 1956, Presiden Soekarno menetapkan ruang ini sebagai tempat pertemuan untuk mengubah nilai nilai moneter Indonesia dari 1000 menjadi 1, atau secara umum sebagai sebutan baru.

Istana Kepresidenan Cipana tidak berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu penting dari negara tersebut. Kecuali pada acara-acara tertentu seperti kunjungan Ratu Juliana (BelAnda) pada tahun 1971. Selama April 1993, Istana Cipanas menjadi tempat untuk negosiasi perang faksi-faksi Filipina. Semua delegasi dari Filipina tinggal di Istana Cipanas ini.

Juga pada tahun 2011, istana presiden Cipanas digunakan sebagai ruang resepsi pernikahan antara Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sity Ruby Ally Rajasa. Suasana klasik istana membuat pernikahan bangsawan Palembang semakin sakral!

Jadwal:
8:00 pagi hingga 4:00 sore
Istana Cipanas buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00. Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi istana ini. Jangan lupa untuk membuat izin satu minggu sebelum kunjungan! Pembaruan yang menyenangkan dari umpan instagram Anda dengan tempat yang bagus di Palacio Cipanas!