Wisata Edukasi Baron Techno Park

Baron Techno Park (BTP) adalah wisata edukasi yang beradi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi yang sangat strategis yaitu di sebuah tebing yang menghadap samudera Hindia memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan Bali.  Yang mana menjadi pusat penelitian serta merupakan salah satu pusat pengembangan pada teknologi energi terbaru yang dibangun oleh BBPT pada 2010 yang memiliki fungsi sebagai sarana sosialisasi IPTEK Energi.

Baron Techno Park menjadi program unggulan badi pemerintah DIY karena kawasan ini telah dirancang sebagai pusat R&D, sarana Promosi atau Sosialisasi terhadap pemanfaatan teknologi Energi Baru yang terbarukan dan bersifat dinamis. Tujuan dibangunnya Baron Techno Park sendiri sebagai tempat wisata edukasi serta untuk memicu pengembangan wilayah. Saat anda berkunjung kesini, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas. Berikut ini fasilitas yang saat ini ada di Baron Tehno Park :

  1. Model Implementasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) berbasis EBT

Pembangkit listrik yang ada di BTP merupakan milik BTP sendiri. Yang mana listik yang dihasilkan itu berasal dari sinar matahari, angin dan mesin disel.

  1. Pengolah minyak nabati (Biodiesel)

Untuk pengelolaan minyak nabati sayangnya tidak berfungsi dalam beberapa tahun kebelakag. Namun jangan khawatir, masih banyak fasilitas yang dapat anda nikmati di Baron Techno Park.

  1. Penyulingan air laut menjadi air tawar

Fasilitas selanjutnya yaitu pengelolaan air laut menjadi air tawar. Yang mana perhari kapasitasnya  bisa 10ribu liter.

  1. Ice maker dan Cold Storage
  2. Contoh rumah berbahan baku komposit
  3. Pusat informasi Edukasi Energi Terbarukan
  4. Techno Camp

Techno camp dibangun untuk anda yang suka menjelajah. Ada dua techno camp yang masing-masing camp dapat diisi oleh 15-20 orang. tujuannya untuk penelitian di Baron Techno Park.

  1. Jam Matahari

Jam matahari menjadi fasilitas unggulan. Letaknya disalah satu bukit tepi laut. Jam matahari menjadi icon dari Baron Techno Park, disana pengunjung bisa menikmati sunset ataupun sunrise dan berswafoto. Selain itu juga pengunjung dapat mengamati menumen yang menerapkan teknologi peninggalan kebudayaan Babilonia, Yunani dan Romawi seabagai bahan edukasi.

Itu tadi fasilitas yang ada di Baron Techno Park. Setiap tahunnya pengunjung disini bertambah, bukan hanya dari pendudk setempat bahakan luar kota juga banyak. Dan banyak juga pelajar yang mengunjungi. Karena selain anda bisa menikmati keindahan alam, anda juga bisa wisata edukasi. Fasilitas yang ditawarkan sangatlah bermanfaat, apalagi bagi anda yang memiliki minat penelitian yang tinggi. Hal-hal yang anda bisa dilihat di Baron Techno Park sangat jarang anda temui di keseharian anda. maka ketika berkunjung ke Yogyakarta, mampirlah ke Baron Techno Park, disana anda akan mendapatkan banyak ilmu baru.