Monumen ikonik dari kota Jogja, Tugu Jogja pilihan terbaik untuk liburan

Yogyakarta tentu saja menjadi salah satu surga wisata bagi para pelancong yang selalu mendambakan suatu keramah-tamahan sekaligus tempat wisata nan eksotis. Jadi tak mengherankan lagi apabila daerah ini selalu mampu menyedot perhatian para wisatawan yang berasal dari segala penjuru dunia. Kota Jogja yang mendapatkan julukan sebagai kota pelajar ini memang memiliki berbagai tempat wisata menarik.

Salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi dan ramai ketika malam hari tiba adalah Tugu Jogja. Wisata yang satu ini wajib anda singgahi ketika berada di kota Jogja. Nyatanya Tugu Jogja ini memang memiliki suatu sejarah yang panjang yang mampu menyelimuti keberadaannya di jantung Kota Jogja. Lokasi dari Tugu Jogja ini sebenarnya berada di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan AM Sangaji, Jalan Jenderal Soedirman dan juga Jalan Pangeran Diponegoro. Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit ataupun perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer untuk bisa sampai di sana.

Supaya anda bisa sampai ke lokasi wisata dengan mudah, maka anda bisa mengendarai kendaraan pribadi anda seperti mobil, sepeda, maupun motor sekalipun. Bahkan ada pula transportasi umum yang bisa anda jadikan pilihan seperti ojek, becak, transjogja, angkot dan lain sebagainya. Yang pasti pengunjung bisa memilih andong maupun becak untuk bisa berwisata sekaligus menikmati segala keindahan yang tersaji di kota Jogja ini.

Pesona keindahan dari wisata Tugu Jogja

Tugu Jogja menjadi salah satu landmark dari Kota Jogja yang sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan local maupun mancanegara. Pesona keindahan yang tersaji melalui keindahan dari arsitekturnya ini terus dipermak dari waktu ke waktu. Bahkan hadirnya lampu warna-warni yang gemerlap ini tak ingin kalah memancarkan keindahannya. Ketika pagi hari, sekitaran Tugu Jogja ini kita akan menjumpai banyak orang berolahraga sembari menikmati monumen yang sudah berdiri semenjak 250 tahun ini. Jika anda memutuskan untuk berkunjung kesana, ada baiknya anda berkunjung pada pukul 05.00 hingga 06.00 WIB. Pastinya saat itu tempat wisata ini masih belum ramai. Sehingga anda bisa menikmati kesegaran udaranya.

Bahkan saat malam hari telah tiba, tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi para pengunjungnya mulai dari anak muda yang ingin menuntut ilmu di sebuah perguruan tinggi yang ada di jogja. Bukan hanya itu saja, biasanya wisatawan yang berasal dari luar kota pun juga menyempatkan dirinya untuk mampir ke tempat wisata ini. Banyak yang beranggapan tak lengkap rasanya jika saat anda di Jogja anda tidak mampir ke tempat wisata ini.

Bahkan uniknya lagi ada tradisi bagi para mahasiswa luar kota yang kuliah di Jogja mereka merayakan kelulusannya dengan cara mencium Tugu Jogja tersebut. Ada pula sebuah mitos menyatakan bagi mereka mahasiwa yang belum lolos namun berani berfoto di sana, mereka butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menyelesaikan studinya.

 

Kita memang  tidak tahu mengenai benar atau tidaknya mitos tersebut. Yang terpenting Tugu Jogja ini memiliki pesona yang patut kita banggakan. Biasanya banyak wisatawan yang lebih suka nongkrong di sekitaran Tugu Jogja ini sembari menikmati keindahan kota Jogja. Anda bisa duduk dengan santai dengan lalu lalang kendaraan mampu menjadi teman setia anda ketika berada dipinggir jalan. Tak jarang pula ada musisi jalanan yang melantunkan tembang menjadikan suasana malam itu semakin romantis.

Fasilitas menarik yang telah tersedia di Tugu Jogja

Tugu Jogja memang tidak diperuntukkan sebagai tempat wisata sehingga fasilitas yang disediakan pun juga terbilang terbatas. Apabila anda membawa mobil biasanya anda akan kesulitan untuk memarkirkan mobil anda. Selain itu mushola maupun toilet pun yang bisa digunakan adalah fasilitas yang disediakan SPBU yang berada di dekat Tugu. Akan tetapi, bila anda membawa sepeda motor maka anda bisa parkir kendaraan anda dipinggiran jalan.

Menariknya lagi di lokasi Tugu Jogja ini telah tersedia sebuah bangku taman yang bisa dijadikan tempat duduk untuk menikmati keindahan Tugu Jogja. Bagi anda para pengunjung yang merasa lapar, tak perlu khawatir lagi karena sekitaran Tugu Jogja sudha banyak café, warung, restoran ataupun angkringan yang telah menjual beragam kuliner. Yang pasti anda bisa mencoba wisata kuliner dengan masakan khas Jogja yaitu nasi kucing, gudeg maupun soto.

Bagi anda para wisatawan yang berasal dari jauh dan ingin menginap, juga sudah tersedia banyak pilihan tempat penginapan seperti halnya homestay maupun hotel. Harga tempat penginapannya juga terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Pastinya harga penginapan disesuaikan dengan fasilitas yang telah tersedia.

Nikmati keindahan Tugu Jogja nan Eksotis

Waktu yang paling pas untuk anda berkunjung ke Tugu Jogja ini tentunya saat pagi hari maupun malam hari dimana masih terbilang sepi oleh lalu lalang kendaraan. Saat malam hari tiba suasana pun terbilang makin special dan semakin romantis. Kerlap-kerlip lampu yang menerangi Tugu semakin mempesona dan memperindah Tugu Jogja ini.

Nikmati keindahan Tugu Jogja sembari duduk santai di pinggir jalan dengan bercengkerama bersama teman dekat anda. Rasakan suasana malam nan indah di Kota Jogja dengan berkunjung ke tempat ini. Anda pastinya bisa mendapatkan moment paling berkesan dan juga berharga saat anda berada di sini.

Abadikan moment bahagia dengan Hunting Foto

Sudah menjadi hal yang harus anda lakukan ketika anda berkunjung ke Tugu Jogja yaitu dengan berfoto menggunakan background sebuah Tugu dimana Tugu Jogja ini menjadi icon yang ada di kota Jogja. Jadi jangan lewatkan waktu anda untuk berkunjung ke sini dan menikmati keindahannya. Banyak sekali anak muda yang mengabadikan dengan mengambil foto di sana. Tapi anda perlu berhati-hati saat berfoto sebab banyak sekali kendaraan yang lalu lalang dijalanan sekitar Tugu Jogja ini.

Ada waktu yang paling pas bagi anda untuk berfoto yaitu sekitar jam 23.00 WIB, dimana waktu itu kendaraan lebih sepi sehingga anda bisa berfoto lebih puas.

Sajian kuliner yang tersedia di Tugu Jogja

Sembari anda menikmati keindahan dari Tugu Jogja ini maka anda bisa menikmati segala sajian kuliner yang telah tersedia di sekitaran Tugu Jogja. Kuliner yang tersedia disekitaran Tugu Jogja ini memang lebih didominasi dengan angkringan dengan sajian gorengan, kopi jos, wedang ronde bahkan juga gorengan sekalipun. Selain harganya yang tergolong murah yang pasti menjadi kudapan paling cocok untuk menemani anda menikmati indahnya malam kota Jogja.

Jika anda masih merasa kurang puas dengan sajiannya, tentu saja anda bisa mencoba kudapan lezat yang ada di café maupun resto yang berada di sekitaran restoran. Pastinya segala kudapan kuliner yang tersedia mampu menggugah selera makan anda.