Tempat Wisata Jogja yang Terpencil dan Tersembunyi

Wisata Jogja paling dikenal dengan wisata yang bernuansa alamnya, kuliner terenak, berbagai wahana baru yang setiap tahunnya berganti. Objek-objek wisata tersebut sering kali dikunjungi oleh keluarga, pasangan, kelompok wisata yang berkunjung ke Jogjakarta. Namun, tidak semua wisata yang ada di kota ini sudah dikenal banyak orang. Ternyata masih saja ada beberapa wisata Jogja yang belum populer dan terkenal.

Pada umumnya masyarakat mengenal Jogja dengan Keraton, Candi-candi bersejarahnya dan Malioboro di kota Pelajar ini. Siapa coba yang tidak mengenali beberapa bangunan diatas. Kepopuleran spot Wisata Jogja itu sebenarnya masih biasa saja, masih ada beberapa tempat Wisata Jogja yang lainnya dan wajib anda kunjungi saat berada di Jogjakarta. Berikut beberapa tempat wisata yang masih asing di telinga masyarakat di Indonesia.

1. Waduk Sermo Kalibiru, Kulon Progo

Di kawasan Pegunungan Menoreh, Kulon Progo terdapat sebuah tempat yang sangat indah sekali untuk dijadikan destinasi Wisata Jogja. Terlebih lagi, bagi anda yang ingin melihat matahari tenggalam tempat ini sangat cocok sekali. Kalibiru merupakan sebuah desa yang merangkap menjadi hutan wisata.
Walaupun Kalibiru adalah desa, lokasi wisata ini cukup menarik dan terjaga dengan baik. Pepohonan menghiasi Kalibiru, dan ditambah dengan platform yang ada diatas pohon pinus. Dibawah pohon pinus tersebut, dilengkapi dengan tangga agar para pengunjung mudah duduk diatas platform sembari memandang view Waduk Sermo dari kejauhan.

2. Puncak Suroloyo

Jogjakarta memang juaranya menyajikan tempat Wisata Jogja terbaik dan nyaman untuk menikmati matahari terbit dan terbenamnya. Salah satu destinasi tersebut adalah Puncak Suroloyo. Teletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo Jogjakarta, spot ini sangat tepat sekali untuk menyaksikan matahari terbit. Pesona terbitnya mentari akan memikat semua mata yang memandangnya. Namun, sebelum sampai ke Puncak Suroloyo anda harus melewati 290 anak tangga terlebih dahulu. Langkah-langkah kaki anda dapat dijadikan sebagai olahraga ringan sebelum melihat keajaiban ciptaan-Nya yang satu ini.

3. Cave Tubing di Kalisuci

Bagi anda yang menyukai berwisata sekaligus ingin mendapatkan tantangan dapat langsung mengunjungi Cave Tubing di Kalisuci. Goa yang didalamnya terdapat alir air seperti sungai, anda dapat mencoba body rafting sembari menyusuri sungai. Wisata Jogja ini bertempat di Desa Pacarejo, kecamatan Semanu, Gunungkidul. Aliran sungai yang ada di gua sangat jernih sekalipun saat hujan turun. Goa ini masi sangat natural dan sangat asik sekali dicoba bersama teman-teman.

4. Curug Indah Tegalrejo, Gunung Kidul

Curug yang membutuhkan banyak waktu tempuh ini berbatsan dengan daerah Bayat, Klaten. Anda bisa menggunakan motor atau mobil jika dari kota Jogja jarak yang ditempuh mencapai 1 jam. Curug ini masih sangat alami, bertingkat dan dinaungi pepohonan hijaudisamping kanan-kirinya. Jika, anda memiliki nyali yang cukup tinggi dapat mencoba untuk melompat serta terjun dari atas tebing ke curug. Tetapi, jika tidak maka lebih baik utamakan keselamatan saja.

Tempat-tempat Wisata Jogja diatas merupakan destinasi yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi. Namun, karena beberapa alasan seperti akses perjalan menuju lokasi wisata yang jauh atau terpencil membuat banyak masyarakat tidak begitu mengetahui. Selain itu, promosi dan pengolahan dari tempat wisata yang kurang mendukung tersembunyinya spot wisata tersebut. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan datang serta menikmati keindahan alam Jogja yang masih alami.