Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Jika anda merasa bosan dengan wisata di Yogjakarta yang biasanya identik dengan sejarah, maka kami sarankan anda untuk mengunjungi beberapa Tempat Wisata Alam di Jogja yang kami rekomendasikan.

Tempat Wisata Alam di Jogja

  1. Pantai Indrayanti

 

Sebelum memiliki nama Indrayanti, pantai ini dinamai oleh pemerintah dengan nama Pantai Pulang Syawal. Karena dahulu ada satu tempat makan bernama Indrayanti di pantai tersebut, pantai ini jadi lebih terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Pantai yang terletak di Gunung Kidul ini terkenal dengan keromantisannya. Pantai Indrayanti juga sering disebut dengan tempat yang paling strategis jika anda ingin menikmati sunset di Jogja. Pantai ini juga sudah menyediakan fasilitas penginapan untuk anda yang merasa lelah dan ingin beristirahat.

  1. Watu Lumbung

Watu lumbung merupakan sebuah karya ide kreatif dari Muhammad Boy Rifai yang memiliki niat untuk memperdayakan masyarakat sekitar. Hutan jati pun kini sudah berbah menjadi salah satu kawasan wisata yang menarik. Pohon jati dijadikan tiang penyangga untuk beberapa bangunan yang dindingnya terbuat dari kayu. Selain itu disini juga memberikan nuansa edukasi yang berbeda dengan tempat lainnya. Seperti membaca minimal 25 menit, menyumbangkan buku, membantu pengunjung lainnya, dan kegiatan bermanfaat yang lain.

  1. Kaliurang

Di tempat wisata Kaliurang, banyak sekali bangunan peninggalan sejarah. Anda bisa mengunjungi Wisma Kaliurang, atau Pesangrahan Dalem Ngeksigondo yang dulunya digunakan untuk tempat dilaksanakannya komisi tiga negara. Di sini juga ada sebuah Museum Ullen Sentalu yang mengupas sejarah budaya, dan juga nilai sejarah jawa terutama yang berhubungan dengan Putri Keraton Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu di kawasan ini juga terdapat taman bermain anak seluas 10.000 m2.

  1. Pantai Kesirat

pantai kesirat adalah pantai yang dikelilingi tebing curam yang berbatasan langsung dengan pantai dalam. Walaupun anda tidak bisa bermain pasir dan air ombak, anda bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing. Dari sana juga anda bisa menikmati cahaya mentari sore dari ufuk barat. Anda akan merasakan senja yang berbeda karena dari sini anda dapat melihat senja tanpa terhalang satu bangunan sama sekali. Anda yang senang berkemah juga bisa mendirikan tenda di atas tebing yang beralaskan rumput dan langsung berhadapan dengan laut lepas. pantai kesirat juga terkenal menjadi tempat rock fishing terbaik.

  1. Air Terjun Lepo

Di air terjun ini tidak hanya ada satu air terjun saja, namun ada dua air terjun lainnya yang terletak di tempat yang berbeda. Selain ada air terjun, disini juga ada empat buah kolam untuk berenang yang kebersihannya sangat terjaga. Di sini juga tersedia berbagai warung makan, fasilitas peminjaman tikar dan pelampung untuk para pengunjung yang tidak membawa perlengkapan yang cukup.