Senja Ufuk Barat Dari Pantai Kesirat

Jika anda mencari sesuatu yang berbeda dari sebuah pantai, maka anda wajib mengunjungi pantai kesirat. Banyak wisatawan yang belum mengetahui tentang satu pantai eksotis dari Jogja ini. Bahkan warga Gunungkidul sendiri sedikit yang mengetahui tentang pantai ini. Jika anda penasaran, maka anda harus membaca artikel ini sampai tuntas.

Wisata Pantai Kesirat

Jika pantai biasanya identik dengan hamparan pasir putih juga bermain dengan deburan ombak, anda tidak akan mendapatkannya di pantai kesirat. Pasalnya, pantai kesirat adalah pantai yang dikelilingi tebing curam yang berbatasan langsung dengan pantai dalam. Walaupun anda tidak bisa bermain pasir dan air ombak, anda bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing. Dari sana juga anda bisa menikmati cahaya mentari sore dari ufuk barat. Anda akan merasakan senja yang berbeda karena dari sini anda dapat melihat senja tanpa terhalang satu bangunan sama sekali. Anda yang senang berkemah juga bisa mendirikan tenda di atas tebing yang beralaskan rumput dan langsung berhadapan dengan laut lepas. pantai kesirat juga terkenal menjadi tempat rock fishing terbaik. Ada satu keunikan yang dimiliki pantai ini, yaitu ada satu pohon yang berdiri yang dinamai oleh penduduk setempat dengan nama Gebangkoro. Karena pantai ini belum dikelola oleh pemerintah dan belum resmi menjadi sebuah objek wisata, pantai kesirat masih dikelola oleh masyarakat setempat. Pantai ini juga dianggap sacral, maka dari itu sedikitnya setiap satu tahun sekali diadakan upacara ngalap atau brubuh-brubuh yang sudah menjadi tradisi. Bagi anda yang memiliki minat dalam bidang fotografi, anda akan merasa sangat dimanjakan karena di pantai ini banyak sekali spot foto terbaik yang dapat anda abadikan.

Lokasi Pantai Kesirat

pantai kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Jogjakarta. Jika anda ingin menuju pantai kesirat, ada dua jalur yang bisa anda lalui. Jalur Imogiri – Panggang, dan Jalan Raya Wonosari. Jalur menuju pantai kesirat agak sedikit curam. Jalan berliku dengan akses yang masih sangat seadanya. Untuk mecapai tebingnya anda pun harus berjalan kaki melewati jalan setapak karena pantai kesirat belum dikelola oleh pemerintah maka sangat wajar jika akses menuju pantai kesirat belum semudah pantai lainnya. pantai kesirat buka setiap dengan harga tiket masuk hanya Rp. 5000 saja, dan tiket parkir untuk mobil sebesar Rp. 5000 dan parkir motor sebesar Rp. 2000.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pantai kesirat. Ajaklah keluarga, teman, atau bahkan pasangan anda untuk mengunjungi pantai indah ini agar mendapatkan sensasi pantai yang lebih berbeda bersama dengan orang yang anda cintai. Bawalah perlengkapan selengkap-lengkapnya karena pantai kesirat belum seramai pantai Gunungkidul lainnya. Selamat berlibur!