Sedahan, pantai perawan di Gunungkidul

Siapa yang bisa menyangkal keelokan pantai-pantai yang sejajar disepanjang garis pantai selatan Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagi para penggemar wisata pantai, Gunungkidul memang tak pernah mengecewakan pengunjungnya. Ombak saling kejar, pasir putih yang terhampar luas serta dikelilingi tebing-tebing karst. Sungguh pemandangan yang memanjakan mata.

Tetapi, topik yang dibahas kali ini tidak akan membahas tentang  pantai parangkritis, pantai sundak serta pantaii-pantai lain yang ramai dikunjungi para wisatawan.  Namun kali ini, pilihan jatuh pada satu pantai. Yaitu pantai sedahan. Pantai sedahan terletak di Dusun Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta. Panjangnya hanya 100 meter saja, diapit oleh dua tebing karst dikanan dan kirinya. Pantai sedahan berada disebelah timur pantai wediombo dan berdekatan dengan pantai Greweng.

Meskipun pantai ini masih alami dan tempatnya yang tersembunyi, namun pantai sedahan cukup terkenal dikalangan pemancing. Pantai ini bisa dibilang dengan surganya para pemancing. Bahkan, banyak pegunjung rela datang ke pantai ini hanya untuk sekedar memancing.

Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan tempat berkemah atau camping bagi para muda mudi. Kebanyakan dari mereka berkemah pada saat malam minggu atau libur Panjang. Kondisi pantai ini masih cukup alami dan belum ada pembangunan kawasan wisata apapun. Bisa dibilang pantai ini masih perawan, karena belum terjamah oleh banyak orang.

Pantai ini nampaknya belum dilirik serius oleh pengelolanya. Terbukti, hanya sedikit warung yang mencoba peruntungan dipantai sedahan ini. Namun disisi lain, letaknya yang agak sulit diakses menjadikan pantai sedahan ini masih tampak asri. Airnya yang jernih dan bersih terlihat berwarna biru indah apabila dipandang dari kejauhan. Jika pada akhir taun, terdapat penyu-penyu yang bertelur disekitran pantai ini.

Ada dua pilihan untuk sampai dipantai sedahan yaitu langsung menuju lokasi pantai dan yang kedua menyusuri beberapa kawasan pantai. Cara pertama yaitu melewati jalan berbatu selebar satu meter dari jalur pantai wediombo hingga sampai dikawasan pantai sedahan. Pengunjung bisa melalui jalan tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga tiba dilokasi. Sedangkan cara yang kedua dengan menjelajah kawasan pantai dari pantai Jungwok  menuju  pantai sedahan. Pantai sedahan berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan menempuh 2 jam perjalanan.

Setelah menempuh perjalanan jauh dan sedikit memerlukan perjuangan untuk sampai disana, namun semua hal itu akan terbayarkan dengan pesona alam pantai sedahan yang indah. anda akan disuguhi pemandangan yang eksotis dan menyejukan mata serta suasana yang damai. Pantai yang kecil nan mungil ini cocok sekali bagi anda yang ingin berlibur ke pantai dengan suasana yang tidak begitu ramai.

Untuk masuk ke pantai sedahan ini, anda hanya perlu membayar Rp. 5 ribu rupiah perorang. Cukup murah bukan?