Pesona Candi Abang

Tak habis ketika kita membahas Yogyakarta, tidak lagi masalah kulinernya yang ramah bagi mahasiswa dan pelar juga wisatanya yang tak habis setiap harinya. Terpikir kata Yogyakarta, pasti langsung ingat wisata ikoniknya. Iya candi, bukan hanya candi Borobudur yang sudah mendunia. Tapi ada juga Candi Abang yang wajib kita kunjungi. Belum akrab memang, Candi Abang, yang merupakan candi hindu ini tak sebesar nama candi Borobudur.

Memang banyak sekali candi-candi yang ada di Yogyakarta. Namaun Candi yang berada di kabupaten Sleman ini, wajib Anda kunjung. Mengapa demikian?

  1. Candi Abang adalah candi yang paling muda dari sekian candi Hindu lainnya. nama Candi Abang dalam bahasa Jawa adalah merah. Candi yang dibangun dari batubata merah. Namun jangan kaget saat Anda kesana nanti. Karena yang Anda lihat bukan bangunan candi dari batubata utuh, melainkan seperti bukit kecil yang sudah dipenuhi rumput hijau cantik. Candi Abang sudah ada sejak abad ke 9 yaitu saat kerjaan mataram kuno. Candi yang berbentuk pyramid ini sudah tak terlihat utuh, namun keindahan dan keunikannya masih terjaga dengan baik.
  2. Lokasi Candi Abang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Dan mudah ditempuh oleh kendaraan umum. Alam Candi Abang tepat berada di dusun Sentonorejo, desa Jogotirto Sleman Yogyakarta. Hanya kurang lebih 30 menit saja dari terminal prambanan.
  3. Suasana yang sepi dan tenang. Sikon ini akan kita dapatkan di Candi Abang, karena wisatawan yang belum banyak mengetahui keberadaannya. Padahal, Candi Abang akan sangat terlihat cantik dan berwarna aslinya saat musim kemarau yang benar kemarau yaitu warna merah. Namun saat musim hujan akan berwarna hijau yang tak kalah cantik.
  4. keuinikan dari candi lain, Candi Abang terletak dari bangunannya. Coba kita lihat dan amati candi lain. Apakah ada candi yang kita lihat dari batubata merah? Yang biasanya candi itu dari jenis andesit, namun Candi Abang ini dari batubata yang berwarna abang tadi.
  5. Spot swa foto yang pasti akan menimbulkan banyak Tanya, dimana Anda mengambil gambar itu? Tidak banyak mengira Anda di Candi Abang, karena tempatnya tadi yang lebih terlihat seperti bukit kecil yang berwarna hijau cantik. Bahkan wisatawan yang sudah berkunjung, menjulukinya “bukit teletubies”.
  6. karena disana banyak hijau-hijau rumput. Selama kita di Candi Abang akan mendapat udara yang segar dan sejuk. Dari atas bukit pun kita dapat melihat kecantikan desa yang didominasi warna hijau pedesaan.

Selain kita menikmati waktu berlibur kita, di Candi Abang kita bisa menyegarkan otak dan mata kita. Selain itu juga keuntungan lainnya bagi yang kurang suka banyak orang, di Candi Abang tidak akan seramai dan sepadat candi Borobudur. Segeralah Anda datang untuk berwisata dan untuk menambah wawasan sejarah Anda bersama rekan kerja, keluarga, pasangan, teman, sahabat dan lainnya.