Pesona Alam Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Jogja memang tidak pernah kehilangan pesonanya, julukan kota pelajar ini memang selalu menjadi destinasi favorit baik lokal maupun wisata asing. Setiap sudutnya selalu menyimpan daya Tarik tesendiri bagi yang melihatnya. Kali ini, ada sebuah daerah dari bagian Timur Yogyakarta, yakni Dlingo.

Mendengar kata Dlingo, pasti agak terdengar asing. Sebab Dlingo adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bantul. Bisa dibilang Dlingo adalah daerah surga yang tersembunyi. Dlingo memiliki segudang wisata menarik dan membuat anda terkagum-kagum apabila melihatnya.

Dlingo, dapat dibilang seperti daerah perbukitan. Tak aneh apabila memiliki segudang wisata yang masih alami. Yang menarik dari wisata alam dlingo ini adalah objek wisatanya diberdayakan oleh masyarakat daerah setempat. Maka dari itu, wisata alamnya pun masih sangat terasa sekali sisi tradisionalnya.

Nah, ada beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan jika akan berkunjung ke Bantul, Yogyakarta. Mari simak paparannya.

Grojogan Lepo

Grojogan Lepo merupakan satu-satunya air terjun yang bisa digunakan untuk mandi. Grojogan Lepo ini menjadi wisata alam favorit bagi para anak muda yang hobi berenang atau sekedar berendam untuk merefresh otak. Ada 3 tingkat air terjun di Lepo.

Tingkatan yang pertama yaitu tingkatan paling cantic. Air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur unik ini menjadiknnya seperti air terjun milik pribadi karena sangat cocok jika dinikmati oleh 1 atau 2 orang saja. Untuk tingkatan yang kedua, yaitu tingkatan yang paling unik. Disini ada bebatuan yang seolah-olah pembuatannya dikalkukan oleh manusia. Batu yang berbentuk balok-balok besar dan tersusun rapi. Sedangkan yang terahir, yaitu yang paling alami. bentuknya sama dengan air terjun pada umumnya akan tetapi tidak terlalu tinggi.

Puncak Becici

Puncak Becici terletak di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH), yaitu di Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk. Karena terletak di Hutan Pinus Mangunan. Jadi sekelilingnya terdapat hutn pinus besar dan menjulang tinggi. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang eksotis antara Gunung Merapi dengan gunung sindoro, serta persawahan dengan perkampungan warga. Belum lagi udaranya yang sejuk dan segar disore hari. Anda akan menikmati sunset Bersama orang-orang terdekat.

Kebun buah Mangunan

Kebun buah mangunan, terletak diketinggian 150 sampai 200 mdpl. Tak aneh, jika kebun ini disebut dengan Negeri diatas awan. Jika berada ditempat wisata ini, anda akan serasa melayang, karena dikelilingi kabut tebal yang membuat daratan dan pegunungan tertutup semua. Seperti namanya, kebun buah. Tempat wisata ini terdapat beraneka tanaman buah yang menjadi daya tariknya.

Apabila datang kesini sekitar pukul 4 pagi. Anda akan disuguhi panorama yang masih alami. terdapat perbuktan hijau dan sungai oyo yang sangat indah dan eksotis.

Bukit Mojo

Bukit mojo terletak di Pedukuhan Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Wisata yang dibuka bulan juli 2016 lalu ini tergolong baru namun fasilitasnya sudah terbilang cukup baik. Bukit mojo menyajikan gardu atau anjungan. Terdapat beberapa gardu ditempat wisata ini. Diantaranya tiga gardu Panjang kecil serta gardu yang berbentuk sarang burung dan bunga matahari.

Tiga gardu Panjang kecil ini  tersebar dibarat, tengah dan timur bukit.  Dari anjungan sebelah barat kita bisa melihat jelas sungai Oyo yang meliuk-liuk dan bukit sekitarnya dari atas. Sedangkan dari anjungan sebelah tengah diapit oleh kedua pohon disisi kanan dan kirinya. Dan untuk anjungan sebelah timur ini cukup beda dari yang lain, karena terbuat dari batu. Selain gardu Panjang kecil, terdapat pula gardu pandang berbentuk sarang burung raksasa dan berbentuk bunga matahari. Bukit mojo memang tempat paling pas untuk menghiasi feeds Instagram-mu.

Bukit Bego

Sebelum anda masuk ke daerah Mangunan, Dlingo. Ada tempat asyik yang bisa dijadikan spot untuk sekedar berselfie ria atau hunting sungguhan. Yaitu bukit bego. Bukit bego berada di ujung timur kedung buweng, wukirsari, imogiri, Bantul. Bukit bego berada di sisi jalan utama menuju daerah Mangunan. Bukit bego akan terlihat indah apabila saat menuju senja.

Karena keindahannya itu, banyak traveler yang sengaja berkunjung ke tempat ini untuk mengabadikannya menggunakan kamera. Karena tempatnya yang strategis inilah, yang membuat bukit bego selalu ramai dikunjungi banyak orang. Mulai dari anak kecil, anak muda sampai orang dewasa.

Nah, tadi adalah sedikit ulasan mengenai wisata-wisata alam Dlingo. Semoga bisa menambah wawasan anda dan dapat menjadi referensi untuk berlibur.