Pantai Seruni, Yogyakarta

Pantai seruni, pantai yang berlokasi di Kawasan Gunung Kidul, lebih tepatnya beralamat di Desa Tepus, Kcematan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Seruni ini berada di Paling Timur kawasan wisata Gunung Kidul. Dari pantai Krakal anda akan menempuh sejauh 12 Km untuk menuju Pantai Seruni, anda akan menemukan beberpa petunjuk jalan hingga sampai ke Pantai Seruni, dari jalan raya hingga ke Pantai anda akan menempuh sejauh 2 Km, dan ditempuh kurang lebih 15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Karena akses jalan yang cukup berbatuan maka anda diperkenankan untuk lebih berhati-hati, karena di samping kiri dan kanan terdapat jurang. Namun jangan khawatir, sesampainya di pantai, rasa lelah anda akan terbayarkan.

Ketika sampai di Pantai Seruni, keindahan dan kebersihan pantainya sangat terjaga. Anda akan disuguhkan dengan pasir pantai yang berwarna putih diikuti dengan desiran ombak. Disebelah timur Pantai Seruni anda akan mendapati tebing dan terdapat gua yang berada pada bibir pantai. Ketika air laut sedang pasang, gua tersebut akan dimasuki oleh air laut. Sedangkan pada sebelah Barat pantai seruni anda akan menemukan tebing dari batuan kars yang berfungsi sebagai pemisah anatar pantai seruni dan pantai pok tunggal karena memang lokasi dari kedua pantai ini cukup berdekatan.

Anda juga dapat menemukan air terjun kecil yang terdapat di sebelah timur pantai dan lebih tepatnya di sebelah gua, dan saat musim penghujan aliran air dari air terjun akan jadi lebih besar, terlebih yang unik adalah air terjun ini merupakan air terjun dengan air tawar, maka dari itu banyak orag yang menggunakan air terjun sebagai tempat membersihkan badan setelah mereka bermain-main di pantai.

Jika anda berminat untuk berkunjung kemari cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000 saja dan untuk parker kendaraan sebesar Rp. 3.000-  5.000 saja,. Meskipun pantai ini baru namun beberapa fasilitas sudah bisa anda temui disini, jika anda merasa lapar disini sudah banyak kios-kios makanan yang menjual aneka makanan dan minuman, selain itu terdapat toilet dengan sumber air tawar, pemandian umum, dan tempat parkir yang sudah lumayan luas.

Apabila anda berkunjung ke pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta anda akan menempuh sejauh 70 Km, atau 2 jam lamanya. Anda bisa melalui pusat kota, ataupun langsunh dari Kota Wonosari, lalu memlewati pertigaan Mulo dan lanjut ke Tepus, dan memasuki area Pantai Pok Tunggal kemudian mengambil arah ke persimpangan Pantai Seruni, selama melewati perjalanan Pantai Seruni, anda akan melewati beberpa panati di Gunung Kidul, karena Pantai Seruni berada di Paling Timur Gunung Kidul.