Pantai Sanglen, surga tersembunyi di Gunungkidul

Gunungkidul memang tidak ada habisnya dalam memberikan keindahan alamnya. Selain tempat wisata yang menyenangkan, kini terdapat pantai-pantai yang menyejukkan mata apabila melihatnya. Pemandangan pantai memang tak terelakan lagi, deburan suara ombak  diiringi siulan burung bebas yang terdengar ditelinga menjadi tempat terindah untuk sekedar melepas penat.

Kali ini terdapat pantai disudut pantai yang berderet dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai sanglen namanya. Pantai ini memang masih agak terdengar asing. memang, karena pantai sanglen terletak di sebelah Gunungkidul yang ramai dikunjungi banyak orang. Pantai ini diapit oleh pantai Kukup dan Drini. Karena letaknya yang terapit dan masih tertutupi semak, jadi tidak terlihat dan jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Pantai sanglen berada di Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini berderet dengan pantai watu kodok yang sudah ramai dikunjungi. Meski letaknya hanya beberapa meter saja, tetapi belum banyak orang tau tentang pantai yang satu ini. Karena pantai yang masih sepi dan belum terjamah oleh banyak orang, masyarakat setempat menjulukinya surga tersembunyi atau pantai yang tersembunyi.

Pantai sanglen menawarkan panorama yang masih perawan. Ini karena belum terjamah banyak orang. Pasirnya pun masih bersih dan diapit oleh dua bukit karang besar yang dapat menjadi spot foto yang unik. Belum lagi, keberadaan pohon cemara udang dibibir pantai semakin menambah keasrian pantai ini. Pohon cemara udang yang rimbun memberi ruang untuk berteduh dari paparan sinar matahari.

Keunikan lainnya yaitu pada rumput lautnya. Rumput laut dipantai ini berbentuk seperti rambut gimbal dan menggulung gulung ikal. Jumlahnya pun bisa dibilang banyak. Terlebih lagi,  disebelah barat. Rumput laut ini hanya dapat dilihat jika air laut sedang surut. Rambut dari rumput laut ini agak Panjang dan membentang ke arah pantai yang mengikuti arah ombak menuju pantai. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Suket Gimbal. Karena rumput laut ini berambut gimbal.

Bila anda tak terlalu menyukai objek wisata yang begitu ramai, maka pantai ini dapat dimasukkan ke dalam list tempat berlibur anda bersama keluarga ataupun orang-otang terdekat. Tempatnya yang kurang begitu ramai, menjadikan orang yang belibur ke tempat ini semakin hangat dan dekat.

Untuk sampai dipantai ini, anda harus memarkirkan kendaraan di Pantai Watu Kodok terlebih dahulu, lalu berjalan kaki kurang lebih selama 15 menit melewati bukit dan perkebunan warga. Saat melewati jalan-jalan ini, hendaknya berhati-hati. Karena jalannya yang sempit  curam, dan ada sedikit kelokan serta jangan ragu untuk bertanya kepada masyarakat setempat untuk menanyakan arah.  Ini karena akses jalan yang belum terjangkau sampai pada pantai sanglen. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan, seperti bekal makan dan minum, keperluan pribadi dan yang lainnya.