Pantai Samas dan Taman Bunga Matahari

Yogyakarta memang tidak pernah kehilangan pesonanya, tidak hanya wisata pegunungan dan candi maupun wisata sejarah namun, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki pantai dengan pesona yang indah dan tentunya unik. Salah satunya adalah Pantai Samas yang berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Sanden Bantul, Yogyakarta. Yang membuat pantai ini menjadi naik daun adalah, kehadiran Taman Bunga Matahari di Kawasan Wisata Pantai Samas ini, menarik bukan?

Pantai samas memang dikenal keindahannya tersendiri dengan angina laut nya yang terhitung besar. Juga ombak dari pantai samas yang besar, delta –delta dari sungai juga terdapat danau air tawar bentuknya seperti telaga ini berfungsi sebagai tempat pemgembangan galah udang dan ikan-ikan. Jika anda berkunjung disini anda tidak diperkenankan untuk mandi di pantai ini karena bentukan dari pantai samas ini cukup berbahaya.

Selain itu yang menjadi daya Tarik dari pantai ini yakni taman bunga matahari yang terdapat di kawasan ini, keunikan tersebut membuat pantai samas menjadi viral dan banyak sekali yang ingin mengunjunginya. Di taman tersebut terdapat rubyan bunga matahari yang tumbuh disana, bermula dari keluarga Rujianto yang menanam bunga matahri tersebut dengan tujuan melindungi kebun mereka dari hembusan angin pantai, namun tak disangka tempat ini menjadi tempat yang paling dicari. Banyak diantara wisatawan yang datang kemari  hanya sekedar ber-swa foto dan melihat pemandangan sekitar. Lokasi dari taman bunga matahari ini berada di Jalan Raya dekat dengan Pantai Samas, dan berada di pinggir jalan raya, dari TPR pantai samas taman bunga matahari ini berjarak sejauh 1KM.

Jika anda berminat datang ke Taman Bunga Matahari ini untuk mengabadikan momen, anda cukup membayar Rp. 5000 saja dan dapat berfoto sepuasnya.  Namun yang menjadi catatan anda tidak diperkenankan untuk mencabut dan merusak bunga matahari tersebut.  Sebelumnya Tiket masuk menuju pantai samas dibanderol dengan harga sebagai berikut :

  • Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,-
  • Tiket Parkir Bus    : Rp. 15.000,-
  • Tiket Parkir Mobil  : Rp. 5000,-
  • Untuk tiket masuk tempat wisata per orang  Rp. 4.000

Cukup terjangkau bukan? Dikawasan ini anda akan menemukan dua tempat wisata sekaligus. Berbicara mengenai fasilitas anda akan menemukan Mushola, kios makanan jika anda merasa lapar, Penginapan, SAR, Tempat parkir yang luas, Hiburan hingga Toilet umum yang dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2000 saja.  Terlebih pantai ini buka pada pukul 06.00-17.00.

Jika anda berminat datang kemari, dari pusat Kota Yogyakarta anda bisa langsung menuju Bantul, hingga anda menemukan perempatan Palbapang, lalu anda lurus kea rah selatan hingga anda menemukan Jalan samas, dan sesampainya di Jalan Samas anda akan banyak menemukan petunjuk menuju Pantai Samas.