Nikmati keindahan pantai indah berbalut misteri, Pantai Parangtritis

Jogja menjadi salah satu tujuan wisata yang patut anda kunjungi. Banyak sekali kawasan wisata menarik yang menyimpan keindahan yang patut kita abadikan. Entah itu tempat wisata bersejarah, wisata alam atau bahkan wisata pantai sekalipun. Yang pasti banyak sekali tempat wisata indah yang bisa anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan anda. Pastikan libur anda terasa menyenangkan dengan berkunjung ke kota Jogja. Perjalanan yang harus anda tempuh pun juga tidak begitu jauh.

Bagi anda yang berencana untuk menghabiskan liburan anda di Pantai maka Pantai Parangtritis menjadi pilihan yang paling tepat bagi anda. Pantai Parangtritis menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang patut anda kunjungi saat anda berada di kota Jogja. Tempat wisata ini memang begitu indah dengan angin yang berhembus kencang.

Pantai Parangtritis ini lebih dikenal berkat ombaknya yang besar apalagi pantai ini begitu kental dengan mitos Nyi Roro kidul yang menyimpan segala keindahan sekaligus berbalut suatu misteri bagi mereka yang mempercayainya. Entah apapun itu, yang pasti saat anda berkunjung ke Jogja jangan sampai anda lewatkan waktu anda untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis ini. Anda bisa menikmati keindahan pantai yang tersaji serta hembusan angin nan sejuk.

Lokasi wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Bagi anda yang masih penasaran dengan lokasi wisata ini dan ingin berkunjung kesana. Sebenarnya lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja. Dimana letaknya sekitar 7 kilometer menuju kea rah selatan dari pusat kota Jogja. Apabila anda kesana membawa kendaraan sendiri, anda bisa mencari jalan menuju ke arah jalan Parangtritis. Kemudian lurus saja hingga ke selatan dan mengikuti aspal yang ada. Di situlah anda akan menemukan kawasan wisata Pantai Parangtritis ini. Dengan suasana yang panas serta hembusan angin yang kencang tentunya bisa anda rasakan saat anda berada di sana.

Misteri maupun mitos dari wistaa pantai Parangtritis

Orang Indonesia tak bisa dipungkiri lebih suka dengan berbagai hal yang berhubungan dengan namanya mitos. Bahkan hampir setiap tempat yang ada di Indonesia memiliki mitos tersendiri. Pastinya bagi mereka masyarakat Jogja sudah mengenal adanya mitos mengenai Pantai Parangtritis dan kerajaan jin yang telah dipimpin seorang ratu bernama Nyi Roro Kidul ini. Awal mulanya penamaan pantai ini adanya seorang pelarian yang berasal dari Kerajaan Majapahit yang mana saat sampai di daerah sekitar laut sedang berombak besar.

Dia pun akhirnya melakukan semedi di tempat tersebut hingga akhirnya banyak air yang mentes dari parang lalu ia pun memberikan sebuah nama parangtritis dimana memiliki sebuah arti air yang menetes dari celah batu karang. Mitos pun semakin berlanjut ketika masa kerajaan Mataram. Raja Jawa dipercaya memiliki suatu hubungan yang khusus dengan penguasa laut Selatan ini yang bernama Nyi Roro Kidul. Bahkan hubungan tersebut masih dipercaya sampai saat ini.

Pantas saja karena mitos tersebut pantangan bagi anda yang berkunjung ke sana untuk tidak mengenakan baju yang berwarna hijau ketika berada di sekitar wilayah pantai Parangtritis. Bisa di bilang warna hijau ini menjadi warna kesukaan ratu laut Selatan. Bahkan warna tersebut menjadi warna pakaian dari bala tentaranya. Untuk itu bagi anda yang ingin berkunjung ke sana jangan sampai mengenakan pakaian berwarna hijau jika anda tidak ingin tergulung ombak laut Selatan.

Semua mitos tersebut memang bisa menimbulkan suatu pro dan kontra namun semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing bagaimana caranya menyikapi mitos yang ada. Hanya saja bagi mereka masyarakat Jogja biasanya mengadakan sebuah ritual layaknya upacara yang terbilang khusus disebut dengan labuhan. Dimana labuhan ini merupakan suatu kegiatan memberikan sesajian ke laut dimana dilakukan setiap hari ulang tahunnya Sri Suktan sang raja Jogja.  Warga Jogja memang cukup antusias melakukan ritualnya sebab dipercaya mampu membawa suatu kemakmuran untuk kota Jogja.

Fasilitas menarik yang tersedia di wisata Pantai Parangtritis

Setiap tempat wisata entah dimanapun itu keberadaannya sudah pasti memiliki berbagai fasilitas menarik yang patut anda banggakan. Dengan hadirya berbagai fasilitas ini maka liburan anda akan terasa lebih menyenangkan. Saat ini pantai Parangtritis sudah menghadirkan banyak sekali fasilitas menarik yang bisa anda gunakan. Ada salah satu fasilitas andong yang bisa anda naiki di sepanjang bibir pantai. Bahkan ada pula motor ATV yang bisa anda sewa untuk berkeliling sekitar pinggir pantai Parangtritis ini.

Sementara bagi anda yang berasal dari luar daerah dan ingin menginap maka sudah tersedia sebua hotel maupun penginapan yang ada di sekitar pantai. Harga sewa penginapan pun tersedia mulai dari harga yang murah hingga yang mahal sekalipun sesuai dengan fasilitas yang telah mereka sediakan. Pastikan liburan anda lebih menyenangkan dengan menghabiskan waktu libur anda di Jogja.

Sedangkan untuk masalah makanan tentunya anda bisa makan di warung yang ada di pinggiran pantai sembari menikmati gulungan ombak nan indah. Dengan minum es kelapa pastinya menjadi pilihan paling cocok bagi anda ketika siang hari. Sedangkan saat malam hari nikmatnya anda bisa menikmati jagung bakar yang ada  di pinggir pantai. Nikmati segala keseruan yang ada di Pantai Parangtritis ini.

Salah satu hal yang sempat menjadi perhatian bagi para wisatawan tentunya berkat arus bawah laut yang kuat sekaligus ombak besarnya. Jangan sampai anda mandi terlalu jauh di pantai, ada baiknya anda ikuti saja intruksi dari penjaga pantai supaya keselamatan anda tetap terjaga selama berlibur.

Menghabiskan waktu liburan di pantai Parangtritis tentu menjadi hal yang menarik bagi anda. Habiskan waktu liburan anda bersama keluarga dengan menikmati keindahan pantai tersebut. Yogyakarta memang memiliki beragam budaya sekaligus daya tarik obyek wisata nan memukau. Banyak sekali hal menarik sekaligus mitos yang telah tersaji dari pantai Parangtritis ini.

Ketika anda berwisata ke kota Jogja dan berkunjung ke sana jangan sampai anda lewatkan untuk berbelanja oleh-oleh khasnya. Banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Entah itu kain, baju atau bahkan beragam pernak-pernik yang menarik. Dengan oleh-oleh ini anda bisa menjadikannya sebagai kenang-kenangan saat anda berwisata ke Pantai Parangtritis.

Berwisata tak lengkap rasanya jika kita tidak berfoto di spot yang indah. Anda bisa berfoto bersama dengan keluarga anda menggunakan gaya yang unik dan juga menarik dengan latar Pantai Parangtritis. Pastinya liburan yang anda lakukan kali ini terasa lebih menyenangkan dan juga lebih berkesan bagi anda. Apalagi perjalanan yang harus anda tempuh pun bisa anda akses dengan mudah. Jadi tidak ada masalah lagi bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Pantai Parangtritis ini. Nikmati segala keseruan sekaligus keindahan pantai yang mampu memukau pandangan anda.