Pantai Kukup dan Pemandangan Bawah Laut

Yogyakarta salah satu kota yang bisa dijadikan destinasi wisata saat musim liburan. Selain wisata budaya kita juga akan dimanjakan dengan keindahan alamnya. Kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang tak ada duanya. Apalagi mengenai pantai yang ada di Yogyakarta, banyak sekali pantai yang belum terjamah dan masih bersih lingkungannya. Seperti pantai kukup di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Karakter dari pantai kukup ini seperti laut selatan pada umumnya, yaitu adanya tebing kars yang menghimpit. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas ini memiliki daya tarik tersendiri. Dan bukit-bukit yang engelilingi pantai kukup ini menambah kecantikan pantai kukup. Bahkan dijuluki sebagai aquarium alami nya Yogyakarta, karena pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Berikut ini tempat-tempat yang dapat anda nikmati ketika berkunjung ke pantai kukup.

Pemandangan Indah di Pantai Kukup

  1. Terumbu Karang dan Rumput Laut

Pantai kukup tak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Salah satu keindahan yang dapat anda nikmati adalah pemandangan bawah lautnya. Jika air sedang surut anda bisa menikmati keindahan bawah laut seperti terumbu karang, biota laut, rumput laut dan lain sebagainya. Terumbu karang yang luasnya 100 meter dari pantai ini jika air laut surut ini biota-biota laut akan terlihat. Anda akan melihat pemandangan bak aquarium, namun ini adalah aquarium alami. Selain itu kita juga bisa bermain air disana,air laut yang tenang karena ombak sudah terpecah oleh lantai karang sehingga air laut tidak sampai ke pinggir pantai. Namun tetap saja kita harus hati-hati ketika bermain air.

  1. Pulau Karang di Pantai Kukup

Salah satu cirri khas dari pantai kukup adalah adanya sebuah pulau karang yang berada disebelah timur pantai. Untuk sampai ke pulau karang anda tidak perlu menyebrang, karena ada jembatan penghubng sekat tebing menuju pulau karang tersebut. Dan ketika anda menyusuri jembatan anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Seperti di Bali ada Tanah Lot yang diatasnya ada pura, namun di Pantai Kuku panda dapat menemukan gardu pandang.

  1. Gardu Pandang di Pantai Kukup

Selain bisa bermain air di pantai kukup anda juga bisa melihat pemandangan pantai kukup yang terbentang luas dari gardu pandang ini. Selain itu anda juga bisa menikmati sunset dari gardu pandang ini. Wah menarik bukan?

Ketiga pemandangan di pantai kukup juga bisa anda nikmati di pesisir pantai. Disana anda bisa duduk santai dengan menyeruput es kelapa yang segar. Atau jika sore hari anda bisa menikmati sunset sambil duduk dihamparan pasir putih yang terbentang luas. Wah indah bukan?

Fasilitas di Pantai Kukup

Bagi anda yang berada di daerah Yogyakarta menuju ke Pantai Kukup hal yang mudah, karena lebih mengetahui medan. Namun bagi anda yang berada dari luar kota butuh pemandu. Pantai kukup sendiri berada 40km dari kota Yogyakarta sedangkan dari Wonosari berjarak 22 km. Untuk menuju kesana anda bisa melalui tiga jalur yaitu Kota Wonosari, Pantai Parangtritis, atau dari Panggang. Untuk medannya sudah baik, sehingga memudahkan anda. untuk yang menggunakan bus juga bisa lewat.

Selain akses jalan, fasilitas di Pantai Kukup juga memadai. Seperti parkiran disediakan lahan yang cukup luas. Sehingga kendaraan anda bisa disimpan disana dan ketika musim liburan dapat ditampung. Selain parkiran, ada juga tempat ibadah dan juga toilet. Sedangkan untuk tiket masuk ke Pantai Kukup sebesar Rp. 10.000. dengan harga sebesar itu anda disuguhi pemandangan yang jarang anda temui, apalagi bagi anda pekerja kantoran atau sebagainya.

Sekitar pantai juga anda dapat menikmati kuliner yang ada disana. Ada makanan khas Yogyakarta dan juga seafood bisa anda nikmati di Pantai Kukup. Selain itu juga anda bisa menikmati kesegaran es kelapa dengan memandang keindahan laut.

Ketika anda telah mengisi perut, anda juga bisa berbelanja oleh-oleh khas sana. Banyak yang menjual souvenir baik berupa gelang, gantungan dan lain sebagainya. Anda bisa memilih pernak-pernik untuk oleh-oleh keluarga atau teman anda dirumah. Harganya pun terjangkau, sehingga anda bisa membeli anyak untuk keluarga atau teman anda dirumah.

Setelah kita mengetahui keindahan pantai kukup dan ingin tingga lebih lama anda bisa menginap di home stay sekitar pantai kukup. Disana banyak homestay yang bisa anda tempati bersama keluarga ataupun sahabat. Apalagi di Gunung Kidul banyak pantai yang indah yang sayang bila dilewatkan. Untuk penginapan disana dekat dengan tempat wisata lainnya. Jika sekitar pantai kukup homestay banyak yang berada di tengah-tenga pantai kukup dan baron. Untuk fasilitas yang disediakan di homestay pun beragam. Namun anda akan mendapatkan pelayanan yang membuat anda nyaman. Sehingga untuk hari berikutnya bisa melanjutkan perjalanan explore Yogyakarta.

Tips Berwisata ke Pantai Kukup

  1. Mungkin jika anda berkunjung ke pantai anda bisa bebas tanpa mengenakan alas kaki. Namun ketika anda berkunjung ke pantai kukup anda sebaiknya memakai sandal jepit. Lantaran banyak biota laut di pantai ini dikhawatirkan anda menginnjaknya lalu melukai kaki anda. karena banyak bulu babi di sekitar pasirnya.
  2. Selain itu anda juga harus hati-hati ketika sedang bermain air. Apalagi jika sampai ketengah laut. Karena ombak di pantai kukup jika semakin ketengah, semakin besar. Hal ini dapat mengancam keselamatan anda.
  3. Jika anda bermain air sebaiknya membawa baju ganti. Sehingga selesai berkunjung dari pantai kuku panda bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya.
  4. Kemudian bawa camilan sendiri, namun jika tidak membawa disana juga banyak yang menjual makanan. Namun anda harus pandai-pandai memilih. Karena jika tidak begitu anda akan diberi harga yang mahal.
  5. Usahakan membawa kantong plastic, missal anda berman air baju basahnya bisa anda simpan di kantong plastik tadi. Selin itu kantong plastic bisa anda gunakan untuk menampung sampah yang anda bawa sendiri. Sehingga kebersihan di lingkungan pantai kukup tetap bersih.
  6. Ketika wisata ke pantai sebaiknya ketika cuaca sedang baik. sehingga anda bisa menikmati pemandangan dengan leluasa tanpa takut turun hujan.

 

Dari pemaparan diatas penasaran bukan seperti apakah pemandangan Pantai Kukup yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta? Anda bisa berkunjung ketika waktu liburan, sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari anda. seain itu bagi ana yang merasa jenuh dengan pekerjaan yang setiap hari digeluti, anda bisa berkunjung ke Pantai Kukup di akhir pekan untuk merefresh pikiran anda. sehingga ketika hari berikutnya anda bisa kembali semangat lagi untuk melanjutkan pekerjaan. Jika ke Pantai Kukup sebaiknya bersama orang-orang tersayang, karena akan sangat menyenangkan bisa menghabiskan waktu di tempat seindah itu jika hanya sendiri. Sehingga ada moment yang tak bisa dilupakan.