Ngetun: pantai mungil nan indah di Gunungkidul

Apabila anda mencari pantai yang indah dan belum terjamah banyak orang, pantai Ngetun Gunungkidul dirasa pantai yang paling tepat. Pantai yang diapit oleh dua bukit yang menjulang tinggi ini menjadikan pantai ngetun layaknya surga yang tersembunyi.

Secara administratif, pantai ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ngetun Gunungkidul berada disebelah timur pantai Pok Tunggal dan disebelah barat pantai Siung atau lebih tepatnya menuju ke arah barat dari pantai timang. Satu-satunya jalan menuju ke pantai ngetun yaitu melalui jalur penghubung tepus dengan pantai siung.

Pantai ngetun dapat menjadi salah satu tempat berlibur yang pas ketika mengunjungi Yogyakarta. Karena letak pantainya yang tersembunyi, maka memerlukan sedikit tips untuk sampai ke tempat ini. Apabila menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, pastikan kendaraan dalam keadaan sehat. Pasalnya, akses menuju jalan ke lokasi pantai ngetun ini sangat sulit. Jalan yang masih berbatu dan belum terlalu mulus dapat membahayakan penggunanya.

Apabila menggunakan kendaraan roda dua atau motor, motor tersebut harus dalam kendaraan benar-benar fit. Pasalnya, apabila terjadi sesuatu seperti misalnya ban bocor, atau terjadi kerusakan lainnya jarang tersedianya bengkel dijalur tersebut.

Untuk sampai ke pantai ini, memang memerlukan perjuangan yang lumayan menyita tenaga. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan pantai ngetun ini. Anda akan ditakjubkan dengan panorama alam yang menyegarkan mata. Saat anda sampai disana, anda akan disambut dengan deburan ombak yang bertabrakan dengan batu karang, pasir putih halus yang membentang serta pegunungan berwarna hijau lengkap dengan pohon rindang disekitarnya.

Keberadaan pantai ngetun memang jauh dari hingar bingar keramaian pantai pada umumnya. Tak aneh, keasrian dari pantai ini masih sangat terjaga. Suasana yang masih alami ini membut siapapun betah berlama-lama singgah dipantai ini. Sesekali terdengar suara kicauan burung yang menggema dari tiap sudutnya. Burung-burung tersebut singgah dengan santainya di pohon-pohon sembari meneduh dari teriknya matahari.

Yang menjadikan pantai ngetun ini istimewa dibanding dengan pantai-pantai yang lainnya yaitu terdapat dua bukit atau yang bisa disebut tebing karang yang menghimpit pantai ini. Para pengunjung bisa menuju puncak kedua bukit ini untuk menyaksikan keindahan pantai ngetun dari ketinggian. Spot ini dirasa pas untuk berselfie ria dalam rangka mengabadikan momen. Terlebih lagi, bagi para pengunjung yang menggemari dunia fotografi, angle dari atas bukit ini dirasa sangat ciamik untuk dibidik secara pas.

Sambil menikmati pemandangan alam disekitar pantai ngetun ini, para pengunjung dapat berteduh diantara pohon-pohon lebat dengan menggelar tikar atau karpet bersama orang-orang terdekat. Selain itu, para pengunjung juga dapat berkemah ria untuk menikmati indahnya senja serta hangatnya malam dengan menyalakan api unggun bersama teman-teman.