Misteri dan Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Gunung Kidul, Yogyakarta terkenal dengan keindahan pantainya. Bisa dikatakan wisata yang ada di Yogyakarta sebagian besar ada di Gunung Kidul. Namun siapa sangka ternyata keindahan alam lainnya juga ada. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan air terjun disini tak kalah indahnya dengan air terjun lainnya di daerah Indonesia lainnya.

Pesona keindahan Air Terjun Sri Gethuk bahkan di sejajarkan dengan Grand Canyon di Utara Arizona, Amerika. Maka diperlukan perhatiah khusus terhadap tempat wisata ini. Bahkan jika anda berkunjung ke Gunung Kidul, sempatkanlah mampir ke Air Terjun Sri Gethuk.

Saat anda berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk tak lengkap jika hanya untuk sekedar ber swafoto. Akan lebih menyenangkan lagi jika anda bermain ari, menikmati kesegaran dari air terjun tersebut. Sehingga hati anda akan merasa senang setelah berenang di air terjun yang menyegarkan. Namun bagi anda yang tidak bisa berenang tak usah berkecil hati, lantaran disana banyak menyediakan pelampung. Tapi tetap saja anda yang bisa berenang tetap harus berhati-hati saja.

Dibalik keindahan Air Terjun Sri Gethuk ternyata ada mitos yang dipercayai oleh warga setempat. Selain memilki mitos, ternyata asal usul nama air terjunnya juga unik loh. Langsung saja ya dibahas mengenai mitos yang ada di Air Terjun Sri Gethuk.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Hampir setiap tempat wisata apalagi wisata alam ada cerita misteri di dalamnya. Begitu pun dengan tempat yang indah ini, yang menurut warga setempat bahwa tempay ini merupakan tempat berkumpulnya para jin yang dipimpin oleh jin yang bernama Anggo Menduro.

Menurut cerita warga setempat, pemimpin jin ini menyukai kesenian jawa seperti karawitan dan gamelan. Maka tak heran jika ada bunyi gamelan atau karawitan identik dengan mitos-mitos jawa. Begitupun di Air Terjun Sri Gethuk cerita dimulai dari sini. Ada yang mengatakan jika di air terjun tersebut seperti ada yang memainkan gamelan, namun ketika sumber suara didekati tidak ada yang memainkannya. Kono katanya suara tersebut dari para jin, dan Anggo lah yang sedang memainkan.

Sampai sekarang mitos itu masih kental di masyarakat, biasanya disebut dengan kalam. Apalagi bagi anda yang memiliki kelebihan bisa melihat hal-hal yang beda alam, mungkin bisa melihat kebenaran yang ada di Air Terjun Sri Gethuk itu. Terlepas dari itu, pengunjung hanyalah orang awam yang ingin menikmati keindahan alam. Yang perlu diperhatikan adalah adab mereka ketika berkunjung, jaga lisan anda dan sikap anda ketika berkunjung. Jangan mudah mengucapkan kata-kata yang tak sopan.

Selain memiliki cerita misteri, ternyata Air Terjun Sri Gethuk memiliki nama lain yaitu Air Terjun Slempret. Nama itu juga berawal dari mitos diatas. Meskipun memiliki cerita misteri yang menakutkan, anda tak perlu khawatir. Asal kita bisa saling menghargai meskipun beda alam namun mereka juga memiliki kehidupan seperti manusia.

Aktifitas di Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk mengalir dari atas tebing setinggi 50 meter. Dari ketinggian tersebut, ternyata air terjun itu bersumber dari tiga sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul dengan debit air rata-rata 30 sampai dengan 60 liter perdetik. Air terjun sri gethuk terus mengalir dan airnya ditampung oleh sebuah sungai yaitu sungai Oya. Sungai oya dengan air yang kecoklat-coklatan menjadi sebuah titik awal menuju Air Terjun Sri Gethuk.

Untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk perlu tenaga ekstra. Namun lelah anda akan terbayar ketika sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Disana anda akan di manjakan dengan pemandangan sekelilingnya. Paduan air terjun dangan bebukitan karts yang eksotis serta hijaunya pepohonnya. Setelah mata anda memandang sekeliling, akan lebih menyenangkan jika kaki anda bahkan badan anda merasakan kesegaran dari air terjun ini. Dibagian dasar air terjun ada batu-batu sungai seperti dipahat dengan berbagai bentuk dan ukuran, namun ternyata batu disana merupakan pahatan alami.

Batuan dasar ini membentuk undakan batu yang halus dengan warna pualam layaknya ornament yang menghiasi goa-goa yang ada di wilayah Gunung Kidul. Bisa dikatakan bahwa batu-batu yang dipahat alami tersebut menyerupai batu-batu yang menghiasi kolam renang.

Setalah kita tahu sekeliling dar air trjun sri gethuk, ada beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan disana. Berikut ini aktifitas yang bisa anda lakukan :

  1. Menyusuri Sungai Oya

Selain berenang di sana, ternyata anda bisa menyusuri Sungai Oya. Kita bisa menyusuri Sungai Oya dari hilir ke hulu. Melawan arus bukan? Namun siapa sangka alat yang digunakan untuk menyusuri Sungai Oya berupa rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas bisa mengantar anda menyusuri Sungai Oya. Disepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Yaitu sungai ini dihimpit oleh tebing-tebing tinggi dengan mengucurkan air-air sehingga tampak indah.

  1. Tracking

Saat anda berjalan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk anda akan melihat hiajunya sawah dan pohon-pohon yang menyejukan anda ketika sedang tracking. Selain di Air Terjun Sri Gethuk anda bisa berswafoto di sepanjang jalan menuju lokasi. Karena banyak spot yang bisa dijadikan latar foto anda.

  1. Body Rafting

Body Rafting adalah menghanyutkan diri ke air dengan menggunakan pelampung. Hal ini bisa dilakukan saat pulang, anda tinggal telentang mengikuti arus air dan disitu anda akan merasakan ketenangan. Untuk barang bawaan anda bisa titipkan ke teman anda yang tidak ikut body rafting.

  1. Cliff Jumping

Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di air terjun sri gethuk adalah cliff jumping. Aktifitas ini menguji adrenalin anda, karena anda melompat dari ketinggian 5 meter dan langsung tiba di Sunga Oya. Untuk menuju keatas tebing anda bisa meniti ke tali yang sudah disediakan, dan bisa gunakan pelampung bagi anda yang belum mahir.

Nah itu tadi ke empat aktifitas yang bisa anda lakukan di air terjun sri gethuk. Selain menikmati keindahan alamnya anda bisa melakukan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan. Untuk menuju kesana anda perlu tenaga ekstra, karena dari tempat parkir kendaraan anda harus berjalan kurang lebih 450 meter. Namun tenang saja, lelahmu akan terbayar dengan keindahan alam.

Ketika akan berkunjung kesana sebaiknya saat musim kemarau, karena akan memudahkan anda ketika tracking. selain itu arusnya juga tenang, tidak deras sehingga anda bisa berenang dengan puas. Dan yang terpenting adalah menjaga kebersihan air terjun sri gethuk dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Bila perlu bawa trash bag untuk membawa turun kembali sampah anda agar tidak bercecer disana.