Menyaksikan suatu keunikan dari Museum Ullen Sentalu

Pernahkah anda berkunjung ke Kaliurang? Jika pernah apakah anda pernah berwisata ke Museum Ullen Sentalu?saat anda ke sana jangan sampai anda lewatkan untuk ke sebuah museum ini. Mungkin kebanyakan dari anda yang telah berkunjung ke Kaliurang lebih memilih menyaksikan keindahan alam. padahal wisata alam bukanlah satu-satunya tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Mengunjungi tempat wisata berupa museum yang bersejarah tentunya menjadi moment paling berharga buat anda.

Museum Ullen Sentalu ini berada pada alamat Jl Boyong Taman Wisata Kaliurang. Jika anda berasal dari kota Yogyakarta maka anda perlu menempuh perjalanan cukup panjang yaitu 25 km. dimana anda bisa menempuh perjalanannya selama kurang lebih 30 hingga 45 menit. Dari waktu tersebut tentunya hanyalah sebentar. Tetapi yang di sayangkan, tempat wisata ini belum dikenal banyak masyarakat. Apalagi masyarakat Jogja saja juga masih banyak yang belum mengetahui. Peresmian dari Museum Ullen Sentalu ini padahal diresmikan mulai dari tahun 1997.

Keunikan dari Museum Ullen Sentalu

Sebenarnya Ullen Sentalu ini berada dalam Taman Kaswargan, Kaliurang. Museum yang satu ini memang tergolong unik  jika kita bandingkan dengan yang lainnya. Museum ini tergolong museum swasta dimana telah beroperasi dibawah naungan dari Yayasan Ulating Blencong. Museum Ullen Sentalu ini juga menempati sebuah gedung yang baru dimana mereka memiliki suatu visi menjadi jendela peradaban dari seni maupun budaya Jawa. Sedangkan untuk isinya ternyata bertujuan untuk melestarikan, mengkomunikasikan, mengumpulkan warisan budaya maupun seni yang sudah terancam pudar.

Dengan hadirnya museum Ullen Sentalu ini tentunya mampu membangkitkan masyarakat untuk tetap mengenal seni maupun budaya Jawa yang telah kita miliki ini. Bisa dikatakan museum ini memang berbeda dengan museum yang lainnya. Sebab museum ini tergolong menarik sekali apalagi tersedia banyak hal unik yang berada di sini. Pantas saja jika museum Ullen Sentalu ini tidak membuat anda merasa bosan.

Segala macam koleksi yang ada dalam museum ini sengaja tidak menggunakan label. Dimana para pengunjungnya bisa mengandalkan seorang tour guide untuk bisa menjelaskan segala sesuatu yang ada dalam museum tersebut. Pastinya akan terasa lebih menarik sekali jika kita bisa mendapatkan suatu penjelasan secara langsung dari seorang tour guide. Dibandingkan bila kita hanya melihat-lihat beragam koleksi yang ada namun kita belum mengetahui apa artinya.

Berkunjung ke sebuah museum memang hal yang menarik dan juga lebih menyenangkan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang menarik mengenai berbagai koleksi benda yang ada dalam museum tersebut. Jadi saat anda sedang berada di Kaliurang, cobalah sempatkan diri anda untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu ini. Pastinya anda bakalan mendapatkan banyak pengetahuan yang penting.