Menikmati Pesona Goa di Jogja

Pesona Yogyakarta memang tak bisa diragukan lagi, keistimewaan sejarah dan kekayaan kebudayaan dan keseniannya membuat Yogyakarta pantas disandangkan dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah sekitar Yogyakarta pun memiliki potensi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Untuk anda yang senang dengan petualangan dan mencintai alam, wisata Goa di jogja bisa anda kunjungi untuk menikmati masa liburan anda. Yogykarta memiliki beberapa Goa yang penuh pesona indah yang sayang untuk anda lewatkan, beberapa Goa di Jogja yang bisa anda kunjungi adalah :

1. Goa Pindul

Goa ini berlokasi di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo,Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Anda bisa menikmati pemandangan indah di Goa Pindul, anda bisa menyusurinya dengan menggunakan ban yang sudah tersedia, lalu anda akan dikelompokan dalam 5-20 orang dan di dampingi oleh petugas yang sudah ahli dan membuat anda akan aman dan nyaman saat menyusuri keindahan Goa di Jogja ini. Keeksotisan goa ini dikarenakan stalagtit dan stalagmite yang luar biasa, selain keindahan goa , anda juga bisa menikmati keindahan air yang mengalir di Goa tersebut. Goa ini memiliki 3 bagian, bagian pertama dinamakan zona terang, disini anda bisa berenang dan bermain sesuka hati. Di tempat ini juga anda bisa melihat ikan-ikan yang menghiasi kolam di goa pindul. Bagian kedua disebut Zona Remang, tempat ini indah dengan pantulan cahaya dan air bening yang menambah pesona salah satu  goa di Jogja. Bagian terakhir di goa pindul adalah zona gelap, untuk menyusuri tempat ini anda harus menyiapkan alat bantu penerangan. Untuk menikmati keindahan Goa pindul , anda akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit.

2. Goa Rancang Kencono

Goa di Jogja yang bisa anda kunjungi untuk anda nikmati keindahannya  adalah Goa Rancang Kencono. Goa ini berlokasi desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menikmati pesona keindahan goa , anda juga bisa menikmati pesona keindahan air terjun sri gethuk. Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga menyimpan sejarah. Pada zaman dahulu, gua in pernah menjadi tempat pelarian Pangeran Diponegoro dan Sentot Prawiro Dirjo dari kejaran penjajah, selain itu tempat ini pun dijadikan sebagai tempat persinggahan Sunan Kalijaga saat melakukan penyebaran agama islam di Gunung kidul,Yogyakarta.

3. Goa Jomblang

Goa Jombang berlokasi di Jetis wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa di Jogja yang satu ini memiliki keunikan yaitu goa yang berbentuk vertical sehingga membuat cahaya yang masuk ke goa dan memberi cahaya pada hutan purba dasar goa, membuat pemandangan eksotis yang sayang jika anda lewatkan. Jika anda ingin mengabadikan momen pemandangan eksotis di Goa Jomblang dan ingin menghasilkan foto yang indah, di goa ini juga disediakan fotografer khusus yang hasilnya bisa anda beli saat telah menyusuri Goa jomblang.