Menikmati Pedesaan Ledok Sambi

Untuk anda yang tinggal di perkotaan dan bosan dengan suasananya, liburan ke desa bisa menjadi pilihan dalam mengisi waktu libur anda. Jika anda mendengar kata Yogyakarta, pastinya tempat wisata yang terkenal adalah pantai prangtritis, malioboro maupun keraton Yogyakarta. Ternyata Yogyakarta memiliki pesona tersembunyi yaitu pedesaan Ledok Sambi  yang berada di kaliurang.

Pesona kaliurang memang tak diragukan lagi, kesejukan udara dan keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Untuk anda yang ingin menikmati kesejukan pedesaan , desa ledok sambi ini berlokasi di Jalan kaliurang, Km 19,2 Padukuhan Sambi, desa Pakembinangun Kecamatan Pakem,kabupaten Sleman.  Selain anda bisa menikmati sensasi pedesaan, anda juga bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi, karena desa Ledok Sambi dekat dengan Gunung Merapi.

Panorama alam disini, tidak boleh anda lewati ketika berkunjung ke Yogyakarta. Keindahan alam, pepohonan yang menyejukkan, dan kejernihan air akan membuat anda mendapatkan ketenangan dan kesegaran ketika berkunjung ke desa Ledok Sambi. Disini anda bisa menikmati potensi pertanian, peternakan dan bermain outbond, selain bermain disini juga terdapat tempat edukasi, anda bisa belajar mengenai kesenin tradisional Yogyakarta.

Jika anda ingin menikmati seluruh pesona di Desa Ledok Sambi yang sejuk, asri , anda bisa menikmatinya dengan berjalan kaki keliling desa ditemani oleh pemandu wisata. Ketika menikmati pesona pertanian, anda bisa merasakan sensasi menanam, membajak dan belajar tentang budidaya jamur.  Pada sector peternakan, anda bisa merasakan sensasi memerah sapi dan belajar tentang cara membudidayakan sapi,karena di desa Ledok Sambi terdapat peternakan Sapi Perah , selain itu anda bisa bernostalgia merasakan sensasi menagkap ikan di sawah. Untuk anda yang ingin mengenal kesenian tradisional Yogyakarta, anda bisa belajar tentang wayang kulit, uyon-uyon, karawitan jawa dan kesenian tradisional lainnya. Anda juga bisa menikmati sensasi menantang adrenalin dengan mecoba flying fox, meniti tali dan sebagainya.

Di ledok sambi juga terdapat Rumah joglo dan homestay, rumah joglo ini dibangun pada tahun 1952 dan belum mengalami pemugaran. Selain rumah joglo, terdapat juga rumah limasan, simon dengan halaman yang luas dan bisa dipakai bermain dan menikmati sejuknya udara asli pedesaan.  Untuk anda yang ingin menikmati suasana asli pedesaan lebih lama, anda bisa bermalam di desa ledok sambi dengan menginap di homestay yang disewakan di desa Ledok sambi ini. Di desa ini anda juga bisa mempelajari kebudayaan Indonesia seperti kenduri, sadranan, ruwahan dan banyak kebudayaan lain yang bisa dipelajari. Selain itu anda bisa mengikuti kebudayaan sadranan yang dilaksanakan pada tanggal 21 syaban.

Wisata desa ledok sambi sangat direkomdasikan sebagai tempat untuk liburan bersama keluarga, karena anda bisa bermain sambal belajar tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia yang mulai tergerus oleh zaman.