Menikmati Kelezatan Makanan khas Gunung Kidul

Daerah istimewa Yogyakarta merupakan kota dengan sejuta pesona di dalamnya. Tempat wisatanya pun sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi dalam menghabiskan masa liburan anda. Salah satu daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat liburan ke Yogyakarta adalah gunung Kidul. Tempat wisata di Gunung kidul harus anda coba pesona pemandangan alamnya, sensasi petualangannya dan keseruan wahana di tempat wisata gunung kidul.

Tempat wisata di gunung kidul yang bisa anda kunjungi di antaranya Bukit kosakara gunung kidul, Goa Pindul, Air terjun sri gethuk, Goa Jomblang gunung kidul, Pantai indrayanti, Embung Batara Sriten Gunung Kidul, Air terjun Luweng sampan, gunung Ireng Yogykarta dan masih banyak lagi pesona wisata di gunung kidul yang harus anda kunjungi. Tak lengkap rasanya, jika menikmati wisata di gunung kidul tanpa mencicipi kelezatan makanan khas Gunung kidul.   Inilah beberapa makanan khas Gunung Kidul yang harus anda cicipi kelezatannya :

1. Walang (Belalang goreng)

Makanan khas Gunung kidul yang pertama harus anda coba adalah walang atau belalang goreng. Mungkin sebagian dari anda heran dan geli mendengar belalang dijadikan sebagai hidangan untuk dikonsumsi. Tapi jangan salah, makanan khas gunung kidul yang satu ini memiliki gizi yang baik dan protein yang tinggi  . anda bisa membeli belalang goreng yang dijual disekitaran jalan menuju area wisata pantai di Gunung Kidul. Belalang goreng bisa bertahan sampai satu minggu dan harga dari belalang goreng sekitar Rp.30.000,- per toples.

2. Nasi Tiwul

Makanan khas gunung kidul yang kedua perlu anda coba adalah Nasi Tiwul. Nasi tiwul adalah olahan dari tepung gaplek yaitu singkong yang telah dikeringkan. Pada zaman dahulu, nasi tiwul merupakan makanan pokok warga gunung kidul pengganti nasi dan identic dengan penggambaran potret kemiskinan. Namun , saat ini nasi tiwul menjadi makanan khas dari Gunung kidul yang dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke gunung kidul. Ketika mencicipi nasi tiwul ini, anda akan merasakan sensai manis dan gurih, karena nasi tiwul merupakan perpaduan singkong, gula merah dan juga ditambahkan kelapa parut.

3. Sayur Lombok Ijo

Makanan khas Gunung kidul selanjutnya yang perlu anda nikmati kelezatannya adalah sayur Lombok ijo. Makanan ini memiliki rasa gurih dan pedas, cocok dinikmati saat makan siang liburan anda beserta keluarga. Gurih yang anda rasakan berasal dari kuah santan yang telah dicampur oleh beberapa rempah-rempah pilihan dan makanan pelengkap pada sayur Lombok ijo adalah tempe kedelai pilihan yang dibungkus secara tradisional.

4. Gatot

Jika anda ingin mencicipi makanan ringan, anda bisa mencoba kenikmatan makanan khas gunung kidul yaitu gatot. Gatot merupakan olahan yang terbuat dari gaplek atau singkong kering yang telah dikeringkan. Penyajian gatot ditaburi memakai parutan klapa dengan sedikit gula dan garam.