Menikmati air hangat bumi di pemandian parang wedang

Berwisata ke kawasan pantai parangtritis sungguh tidak lengkap rasanya jika mampir ke pemandian air panas yang ada diperang wedang. Lokasinya tidak jauh dari pantai parangtritis. Sungguh tak terduga bahwa parangtritis mempunyai pemandian yang cukup istimewa. Perang wedang merupakan sumber mineral air panas yang menyembur keluar langsung dari bumi. Hal yang menjadi pembeda dari pemandian air panas pada umumnya, perang wedang tidak memiliki belerang. Oleh sebab itu, pemandian ini mempunyai keampuhan sebagai media penyembuhan yang baik untuk kesehatan kulit.

Pemandian parang wedang ini ada karena pertemuan dua lempeng yang dapat memicu keluarnya mata air panas. Mata air disini hangat dan cenderung memiliki tangkat konsentrasi kimianya yang tinggi. Salah satu penyebabnya yaitu terdapat dua patahan yang ada di daerah ini serta adanya air tanah yang dalam berasal dari pegunungan sebelah timur yang mengalir melewati sesar ini sehingga mendapatkan panas bumi.

Dulunya, tempat pemandian air panas ini adalah areal persawahan. Namun area ini tandus dan tak dapat ditumbuhi padi. Malahan terdapat air panas yang keluar dari bumi. Pemandian parang wedang ini memiliki tiga mata air yang memiliki kedalaman 10 meter. Air panas yang keluar dari bumi ini mengandung Na, Cl, dan Ag sehingga dipercaya dapat menyembuhkan penyaki kulit seperti gatal-gatal, panu, kadas, kurap, rematik serta pegal-pegal.

Untuk yang memiliki penyakit stroke dan rematik, dapat mandi dipemandian setip harinya selama satu bulan. Sedangkan untuk penyakit kulit, pengunjung dapat mandi setip satu minggu sekali. Apabila sakit gigi, pengunjung dapat menyikat gigi disi serta membwa air untuk pengobatannya.

Pemandian ini mengandung mineral seluas 1140 m2 serta memiliki fasilitas seperti kolam untuk penampungan air hangat dengan ukuran 9m x 8m, lalu ada kamar mandi air hangat 6 ruangan serta kamar mandi untuk air tawar 6 ruangan. Selan itu, pemandian parang wedang ini juga tersedia bebeapa kolam fasilitas seperti tempat untuk mandi, kolam pemandian air hangat. Apbila anda datang dari luar jogja, anda tak perlu jauh-jauh untuk menginap, sebab disini disediakan penginapan yang memadai dan tempat rekreasi serta rumah  makan yang bersih.

Untuk sampai ke pemandian perang wedang ini, jika anda dari jalan parangtritis, anda perlu start dari ring road selatan jalan parangtritis terus ke selatan, lalu sampai dipolsek kritik di kiri jalan atau tepatnya disebelah barat. Dari ring road tersebut, anda perlu berjalan lagi yang jaraknya sekitar 18 km atau 20 menit berkendara lalu belok ke kiri. Telusuri saja jalan tersebut karena tak jauh dari sana terdapat pemandian air panas parang wedan persis setelah belokan.

Pemandian air panas parang wedang dibuka dari jam 6 pagi sampai dengan jam 6 sore. Waktu terbaik untuk berendam di pemandian parang wedang adalah saat pagi hari sekitar pukul 7 pagi sambil menikmati matahari. Waktu ini dirasa tepat karena pada saat ini matahari sedang memberikan sinar manfaatnya. Dengan harga tiket 5000 rupiah saja anda sudah bisa menikmati khasiat serta manfaat hangat dari air panas langsung dari bumi.