Mengulik Keunikan Rumah Teletubies Yogyakarta

Yogyakarta memang menyimpan sejuta pesona, kota yang terkenal dengan Gudeg dan kebudayaan yang kental , Yogyakarta juga menyuguhkan keunikan tempat wisata yang bisa anda kunjungi di waktu liburan anda. Selain wisata alam, wisata sejarah dan wisata kebudayaan , Yogyakarta juga menawarkan wisata unik seperti wisata internet di kampung Cyber dan wisata pedesaan. Wisata pedesaan unik dan menarik yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda, adalah Kampung Teletubies Yogyakarta. Dari namanya saja, anda pasti sudah langsung terbayang suasana di kampung ini. Anda pasti tau kartun yang terkenal sepanjang masa yaitu Teletubies, pernahkah anda membayangkan tinggal di Rumah Teletubies? Di kampung ini, anda bisa melihat tempat tinggal Teletubies dan pada hari Minggu aka nada teletubies yang berkeliaran dan bisa anda ajak untuk berfoto bersama.

Yogyakarta terkenal dengan kota sejarahnya, termasuk kampung teletubies ini.  Awalnya rumah teletubies Yogyakarta ini merupakan bantuan dari Domes for the world yang merupakan lembaga nirlaba dari Amerika Serikat dan dari donator perorangan dari arab Saudi. Bantuan itu disumbangkan pada tahun 2006 pasca gempa yang menimpa Yogyakarta Gempa di Yogyakarta pada tahun 2006 membuat rumah warga di Bukit Nglepen ambles sedalam 7 meter dan mengakibatkan sebanyak 32 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal mereka.. Pasca gempa Yogyakarta pada tahun 2006, warga yang tertimpa gempa diberi pilihan oleh pemerintah yaitu berupa bantuan dana sebesar Rp.15 Juta atau tempat tinggal yang warga belum tau bentuk dari rumahnya. Rumah yang disediakan ternyata berbentuk dome yang mirip dengan rumah teletubies dengan dua jendela dan pintu,terdapat dua lantai di rumah ini dan memiliki empat ruangan.

Jika anda ingin merasakan sensasi tinggal di rumah teletubies, anda bisa menginap di rumah teletubies Yogyakarta dengan harga Rp. 150.000/orang. Tetapi jika anda hanya ingin berkunjung saja, anda cukup merogoh kocek Rp.10.000/orang. Dana yang anda bayarkan saat berkunjung ke rumah teletubies Yogyakarta akan masuk ke kas desa, karena tanah di desa ini belum dibebaskan sehingga penduduk yang tinggal di rumah teletubies Yogyakarta perlu bayar.

Kampung teletubies menawarkan berbagai macam fasilitas, seperti rumah gallery yang bisa anda kunjungi dan menjadi spot foto yang instagramable, anda juga bisa melihat pertunjukan di aula yang telah disediakan dan juga terdapat arena permainan seperti kereta kelinci, jungkat jungkit, ayunan dan papan seluncur, disini juga terdapat outbond yang bisa anda nikmati. Di kampung ini anda bisa belajar cara pembuatan emping, membeli cindera mata. Anda bisa menikmati keunikan Rumah Teletubies Yogyakarta dengan berkunjung ke Kampung Teletubies yang berlokasi di Dusun Ngaplen, desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Lokasinya tidak jauh dari Istana Ratu Boko.