Mengintip Keindahan Waduk Sermo

Salah satu kekayaan alam yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo ini bernama Waduk Sermo. Waduk Sermo yang sudah diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 1996, sudah menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya kecantikan alam yang ditawarkan dan selalu menjadi magnet wisatawan, tapi juga tempatnya yang strategis menjadi salah satu alasannya.

Selain sebagai tempat wisata, Waduk Sermo juga sebagai sumber air yang dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan untuk pengairan sawah di daerah terdekatnya. Tempat wisata ini dijadikan sebagai wisata yang tidak hanya senang-senang saja tapi juga bermuatan edukasi. Waduk Sermo juga mencetuskan sebagai bendungan terbaik di Indonesia karena pemanfaatannya tadi.

 

Tidak hanya menyuguhkan kesegaran dari air yang ada di Waduk Sermo, ada juga keindahan hutan yang masih terjaga keasriannya disekitar Waduk Sermo, Kulonprogo. Para wisatawan yang mencari destinasi wisata untuk sekedar swa foto pun sangat cocok. Karena tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk mencari dan membuang rasa penasaran untuk berswa foto di beberapa spot Waduk Sermo. Dan yang pasti setiap spot swa foto itu sangan instagramable untuk Anda bagi ke teman-teman media social.

Bahkan tidak sedikit juga pasangan muda yang akan segera melangsungkan pernikahannya untuk melakukan foto di Waduk Sermo. Dengan berburu sunrise dan sunset menjadi andalan, salah satunya agar lebih menghasilkan foto yang cantik di hari pernikahannya nanti. Waduk Sermo yang diapit oleh kedua bukit dan dikelilingi oleh peppohonan hutan yang masih hijau cantik membuat para pengunjungnya merasa betah untuk berlama-lama.

Untuk membunuh waktu, wisatawan dapat melakukan mancing di Waduk Sermo. Namun memang tidak semua wilayah Waduk Sermo bisa dipakai untuk memancing, karena ada beberapa yang dilarang karena dirasa dapat membahayakan pengunjungnya. Bahkan untuk pengunjung yang hanya ingin bersantai berkeliling cantik di Waduk Sermo, Anda dapat menyewa beberapa perahu manual atau perahu motor untuk mengelilingi Waduk Sermo.

Wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Waduk Sermo dengan senang hati tersedia. Karena disana ada villa juga yang dapat Anda sewa untuk menikmati lebih keindahan Waduk Sermo lebih lama. Yang datang hanya untuk berjalan-jalan santai pun Anda bisa menikmati seluruh titik Waduk Sermo, karena terdapat jalan yang melingkar di sekitar Waduk Sermo. Dan untuk menghilangkan haus juga lapar Anda pengungjung, pengelola dari Waduk Sermo menyediakan beberapa gazebo cantik yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang ringan maupun yang berat. Untuk wisatawan yang sedang berlibur namun ingin tetap taat kepada Allah pun jangan khawatir, karena disana telah tersedia tempat untuk beribadah yang memadai dan toiletnya yang nyaman dan bersih.

Tidak perlu berpikir ulang untuk datang ke Waduk Sermo, segera ajak pasangan, temat, keluarga atau kerabat lainnya. Pasalnya tidak hanya musim liburan saja Waduk Sermo padat dikunjungi, tapi juga pada hari-hari biasa sudah ramai dan padat pengunjung.