Mengenal Candi Ijo di Jogja

Jogjakarta sudah lama dikenal dengan sejarah yang mengatakan bahwa hidupnya agama Hindu dan Budha melahirkan banyak peninggalan sejarah berupa candi di Jogja didalamnya. Dengan keadaan seperti itu membuat Jogjakarta mempunyai peluang untuk mengembangkan wisata sejarah tentang candi. Seperti yang tak asing lagi kita dengar bahwa kepopuleran candi Borobudur dan Prambanan yang mampu menembus kancah dunia. Namun begitu, ternyata masih ada candi yang masih bersembunyi dan tak banyak orang yang tahu yaitu, Candi Ijo Jogja.

Candi memanglah tempat yang sangat sakral bagi umat Budha atapun Hindu, mereka sering membuat perayaan atau ritual yang berkaitan dengan candi. Namun, seiring berjalannya waktu, candi tersebut yang dahulunya diagungkan berubah menjadi tempat wisata yang bersejarah. Salah satunya candi Ijo, bagaimana perkembangan candi ini dan sejarahnya? Dapat disimak dengan baik dalam tulisan ini.

1. Kisah Candi Ijo, candi ini merupakan tempat yang dijadikan wisata favorit bagi masyarakat. Candi ini berada diatas puncak ketinggian dengan dibangun 17 struktur pada abad ke 19. Selain itu, tempat tersebut juga dinamai Gumok Hijau yang ketinggiannya 410 meter diatas permukaan laut. Sebelum adanga pemugaran candi lainnya di Jogja. Situs budaya ini menjadi tempat tertinggi di Jogjakarta. Candi Ijo memiliki destinasi wisata yang indah dan ditambah lagi dengan teras-terar yang dipenuhi rumput hijau yang cantik. Walaupun bukan tergolong tempat yang subur, tetap saja wisata ini jika disaksikan sangatlah indah.

2. Akses transportasi yang ditempuh untuk ke candi Ijo, anda yang ingin menunjungi candi di Jogja. Coba untuk mencari kendaraan umum yang ada di Jogjakarta. Selain itu, anda juga dapat melihat pesawat yang ada di Bandara Adi Sutjipto saat landing dan take off. Sehingga, anda dapat menikmati keindahan dari atas candi. Bagaimana ingin mencoba datang dan melihat sembari menikmati makanan yang dibawa dari atas candi dan kentinggian.

3. Menikmati karya seni rupa yang ada di candi Ijo. Seni rupa yang terlihat di dinding candi anda dapat lihat dari pajangan. Lukisan atau karya seni lainnya yang dihasilkan dari oleh seniman. Bukan hanya menikmati wisata saja tetapi anda juga bisa belajar dari semua wisata yang ada di candi. Akan mengubah prinsip berwisata pada umumnya, dengan berlibur disini anda bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Itulah beberapa hal yang anda dapat ketahui tentang candi di Jogja saat anda menginkan pergi berlibur ke Jogja. Namun, untuk mempersiapkan hal-hal yang ingin dibawa saat berlibur. Satu hal yang harus diperhatikan juga, anda wajib untuk menjaga kebersihan di sekitar candi Ijo. Sehingga tidak menyisahkan sampah-sampah yang dapat mengotori sekitaran candi.