Makanan Asyik nan Unik Tradisional Yogyakarta

Yogyakarta, tentunya tak ada habisnya jika membahas kota yang satu ini. Begitu banyak keunikan dan julukan yang ada. Mulai dari tempat wisata, sejarah, adat dan budaya yang masih kental serta kuliner.  Yogya memang sungguh Istimewa.

Untuk masalah kuliner, Yogya merupakan salah satu kota yang mempunyai ciri khas dalam masakannya. Kota dengan beraneka ragam ini membut yogya menjadi tujuan wisata para turis lokal maupun luar negeri. Mulai dari jajanan pasar hingga makanan khas yang menggugah selera ada disini.

Tidak asik rasanya, apabila mengunjungi yogya tidak coba masakannya. Berikut ini kita hadirkan 10 makanan tradisional jogja yang tentunya mengunggah selera.

  1. Gudeg

Siapapun pasti tahu jika Gudeg itu merupakan makanan khas jogja. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dapat dimakan dengan nasi dan teman makan yang lain. Makanan ini merupakan makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Selain rasanya yang enak, harganya pun cukup terjangkau. Anda dapat menemukan makanan ini disetiap sudut jogja. Seperti di angkringan, warung lesehan serta restoran.

  1. Oseng-oseng merecon

Apabila anda pencinta rasa pedas, maka anda wajib mencoba makanan yang satu ini. Oseng-oseng merecon terbuat dari campuran daging dan lemak yang diolah sedemikian rupa dengan rempah-rempah yang menggugah selera. Rasa pedasnya dapat membuat anda tertantang untuk mencobanya lagi. Jangan lupa siapkan air minum secukupnya. Oseng-oseng merecon siap mengocok lidah dan perut anda.

  1. Krecek

Selain oseng-oseng merecon, terdapa pula makanan pedas yakni krecek. Krecek atau yang biasa disebut sambal krecek merupakan teman makan atau bumbu dari masakan. Krecek dpat menambah selera makan. Sambal krecek terbuat dari cabai rawit yang dicmpur dengan bumbu-bumbu masakan seperti gula, garam dan santan serta kulit sapi yang direbus. Rasa sambalnya didominasi pedas dan gurih.

  1. Bakpia pathok

Apabila anda sedang berkunjung ke yogya dan berniat membeli oleh-oleh untuk sanak saudara, anda dapat membeli jajanan bakpia pathuk. Bakpia pathuk dapat ditemukan di warung oleh-oleh. Jalan mataram dekat malioboro merupakan sentra penjualan bakpia pathu. Anda dapat memilih beraneka varian rasa disini.

  1. Yangko

Makanan manis yang dapat dijadikan oleh-oleh tak hanya bakpia pathuk saja, yangko dapat menjadi pilihan. Yangko biasanya berbentuk persegi Panjang dengan warna-warna yang cerah sesuai dengan rasanya. Yangko juga memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan manis. Yangko ini memiliki ciri khas taburan tepung khusus yang lezat. Yangko bisa didapatkan di warung oleh oleh di jalan mataram.

  1. Bakmi jogja

Makanan khas daerah yogya yang perlu anda icip adalah bakmi yogya. Bakmi yogya terbuat dari olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas jawa. Bakmi yogya dapat anda temukan didekat alun-alun kidul.

Nah, tadi adalah sedikit ulasan mengenai makanan-makanan tradisionl yogya yang perlu anda coba. Rasanya yang unik dan khas dapat membuat anda ingin mencobanya lagi dan lagi.