Luweng  Sampang, Air Terjun Nan Eksotis di Gunung Kidul

Keindahan alam Kota Jogja menjadikannya primadona untuk berwisata berama sanak saudara ataupun kerabat, Keindahan alam jawa tengah seakan tidak ada habisnya, mulai dari wisata candi-candian, wisata pegunungan, wisata pantai hingga wisata edukasi. Tak hanya itu, Yogyakarta menujukan keindahannya lewat Air Terjun Luweng Sampang yang eksotis, bukan hanya pangandaran saja yang memiliki green canyon, Yogyakarta pun demikian. Merupakan satu dari sekian banyak Air Terjun di Yogyakarta, tak membuat Luweng Sampang kehilangan pesonanya.

Berlokasi di Kawasan Wisata Gunung Kidul, lebih tepatnya di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, karena berlokasi di Desa Sampang membuat Air terjun ini bernamakan Sampang sedangkan Luweng berate Lubang jadi maksudnya adalah Lubang Sampamh. Anda akan menghabiskan jarak sejauh 30 KM dari Pusat Kota Yogyakarta jika ingin berkunjung ke Luweng Sampang ini, atau sekitar 1 jam perjalanan saja. Ataupun anda dapat berkunjung ke Luweng Sampang dari arah Klaten merupakan perbatasan di daerah ini.

Air terjun di Luweng Sampang memang tak terlalu tinggi, dan air terjun ini tidak terlalu luas, namun yang unik adalah di air terjun Luweng Sampang terdapat dinding kapur yang mengelilinginya, sedangkan air terjun berada di tengah-tengah dinding kapur tersebut. Mengapa dinding kapur? Karena di Wilayah Gunung Kidul merupakan wilayah yang memilik Karst yang memang didominasi oleh bukit kapur.

Air nya yang tenang, dan jernih berwarna kehijauan, namun berbicara mengenai warna air di Luweng Sampang bisa berubah, kadang berearna kebiruan, kadang hijau dan kadang pula berwarna coklat, hal tersebut tentunya di pengaruhi oleh intensitas hujan. Tempat ini memang sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan kepenatan karena suasananya yang tenang, tidak sedikit orang yang datang kemari untuk mengabadikan momen atau hanya sekedar ber-selfie saja.

Disini anda memang tidak akan menemukan fasilitas umum selain air terjun, dan anda pun tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk, karena memang tempat ini belum ada yang mengelolanya baik dari masyarakat setempat ataupun pemerintah setempat. Maka dari itu anda bisa kapan saja datang kemari tanpa di pungut biaya, karena tempatnya yang masih perawan anda di imbau untuk menjaga kebersihan di air terjun Luweng Sampang. Jika anda berminat berkunjung kemari, ada beberapa tips yang dapat anda perhatikan diantaranya, pastikan jika anda membawa kendaraan anda dapat parker di tempat yang strategis dan aman, karena memiliki kedalaman yang  berbeda-beda anda di imbau untuk berhati-hati saat berenang, pada musim penghujan air terjun akan lebih deras maka andapun harus lebih hati-hati, bawalah baju ganti saat berenang, bawalah kembali sampah yang anda bawa, dan pastikan ketika sedang berenang anda tak perlu memanjat dinding kapur karena dinding tersebut cukup licin.