Keindahan Pantai Slili

Yogyakarta memang istimewa, pengunjung yang datang ke Yogyakarta akan dsuguhi berbagai macam wisata. Baik itu wisata budaya ataupun wisata alam. Untuk wisata buda ada di kota Yogyakarta, namun untuk wisata alam anda bisa pergi ke Gunung Kidul disana anda akan dimanjakan oleh keindahan alam yang menjadikan anda ingin berlama-lama disana. Seperti Pantai Slili yang berada di Jalan Pantai Krakal, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakrta.

Jika anda pecinta pantai, Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat. Karena disana banyak pantai yang setiap pantainya memiliki karakter tersendiri. Ada pantai yang ombaknya tinggi sehingga bisa untuk berselancar, ada juga pantai yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah, ada pantai yang menghadirkan fenomena alam yang unik seperti ada tebing untuk panjat tebing dan lain sebagainya.

Keunikan setiap pantai menjadi daya tarik tersendiri, sehingga pengunjung ingin mengunjungi pantai tersebut. Namun jika anda hanya memiliki waktu terbatas pilihlah beberapa pantai saja. Seperti halnya Pantai Slili, pantai ini sayang jika dilewatkan, Pantai Slili kadang disebut juga PantaiWatu Lawang dan Slili Love.

Kenapa Pantai Slili menjadi salah satu rekomendasi? Dalam artikel ini akan diuraikan secara lebih detail keindahan dari pantai slili itu. Berikut ini beberapa keindahan Pantai Slili yang sayang bila tak dikunjungi oleh anda.

Keunikan Pantai Slili

Pantai Slili memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang jernih. Bahkan ombaknya juga tidak besar, karena sudah terpecahkan oleh batuan yang ada disana. Sehingga hanya gelombang kecil hingga riak-riak ari saja. Sehingga pengunjung bisa bermain air dengan puas. Namun tetap harus hati-hati ya saat bermain air. Nah tadi sekilas tentang Pantai Slili, berikut ini ada keunikan dari Pantai Slili :

  1. Asal Usul Nama Pantai Slili

Pantai Slili disebut juga sebai Pantai Watu Lawang yang artinya Pintu Batu. Hal ini dikarenakan 500 meter dari Pantai dari pantai sundak ada pulau kecil yang disebutnya bukit karang yang dibawahnya ada lubang yang menyerupai pintu. Maka kadang disebutnya Pantai Watu Lwang.Selain itu disebut juga sebagai Slili Love, hal ini dikarenakan ada hiasan dari bunga plastic berbentuk hati bertuliskan Stili Beach dan biasanya dijadikan background untuk foto. Ada satu lagi yang menarik selain background berbentuk hati, yaitu ada pohon sakura diarea pantai, dan ini juga biasa dijadikan background untuk foto.

  1. Pemandangan Dari Atas Bukit

Anda dapat menikmati keindahan alam Pantai Slili dari atas bukui. Anda bisa berjalan menuju bukit yang memisahkan Pantai Slili dengan Pantai Krakal melalu jalan setapak. Kemudian sesampai diatas bukit anda akan takjub akan keindahannya. Selain hamparan biru yang luas serta anda juga akan melihat garis antara Pantai Krakal dan Sandranan.

  1. Sunrise Di Pantai Slili

Biasanya kita ke pantai untuk menikmati Sunset, namun di Pantai Slili anda bisa menikmati keindahan Sunrise. Sunrise disini tak kalah indahnya dengan pegunungan. Pengunjung disarankan untuk bermalam di Pantai Slili dengan cara camping atau bisa bermalam di penginapan. Di Pantai Slili diperbolehkan untuk camping, disana juga banyak yang menyewakan alat camping, namun yang perlu anda perhatikan adalah setelah camping jangan meninggalkan sampah ya. Agar Pantai Slili tetap terjaga kebersihannya. Namun jika tak ingin camping anda bisa tidur di penginapan. Disekitaran pantai banyak penginapan untuk anda beristirahat sambil menunggu sunrise esok harinya.

  1. Snorkeling

Di Pantai Slili anda dibolehkan untuk mandi atau bermain air bahkan anda bisa snorkeling disana. Karena Pantai Slili tidak jauh dari Pantai Sandranan sehingga pemandangan bawah lautnya tak jauh berbeda. Banyak terumbu karang yang masih alami dan biota laut. Saat anda snorkeling sebaiknya saat keadaan air sedang tenang sehingga anda bisa lebih menikmati pemandangan bawah laut dengan santai.

  1. Nyadranan atau Sadranan

Pantai ini masih dibilang sepi pengunjung, namun ada waktu dimana pantai tersebut dibanjiri pengunjung. Yaitu ketika musim tanam tiba pada Minggu Pahing. Warga sekitar ataupun wisatawan akan mengadakan ritual sdekah laut atau Nyadranan. Hal ini menurut kepercayaan warga setempat guna meminta Perlinndungan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memohon restu kepada Penguasa Laut Selatan untuk menggarap tanam. Hal itu diharapkan agar hasil panennya kelak pada musim petik dapat berlimpah. Wah menarik bukan? Selain wista alam anda juga wisata budaya loh.

Penduduk setempat sebagian besar petani selain dari nelayan. Karena ketika musim kemarau penduduk beralih profesi untuk mencari ikan, udang ataupun rumput laut. Yang nantinya hasilnya bisa dijual. Pekerjaan ini hanya sebagai sampinga, ketika musim tanamĀ  tiba mereka kembali menjadi petani.

Kelima hal tadi bisa mengisi liburan anda ketika berkunjung ke Pantai Slili. Meskipun berjarak .. dari kota Yogyakarta, namun pengunjung akan dibalas dengan keindahan alamnya. Pantai ini jaraknya jauh, sehingga masih sepi pengunjung bahkan masih asing diteinga para wisatawan. Karena pengunjungnya yang belum banyak, membuat keindahan alam masih terasa alami dan sempurna. Anda bisa menikamati suasana pantai dengan tenang tanpa lalu lalang kebanyakan orang. jadi jika anda ke Yogyakarta lalu berencana explore pantainya, jadikan pantai slili salah satu tujuan anda.

Fasilitas Pantai Slili

Saat ini fasilitas di Pantai Slili mulai tertata dan lengkap. Berikut ini fasilitas yang ada di Pantai Slili :

  1. Toilet

Bagi anda yang bermain air atau lain sebagainya bisa membilasnya di toilet, sehingga bdan tidak lagi lengket dan anda bisa melanjutkan wisata ke tempat wisata lainnya.

  1. Tempat Ibadah

Bagi anda yang muslim, disini disediakan juga mushola untuk anda beribadah. Sehingga anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencari tempat ibadah.

  1. Warung makan

Ketika berwisata makanan menjadi barang bawaan yang wajib dibawa. Namu ketika anda kelupaan anda tak perlu khawatir. Karena di Pantai Slili banyak warung makan yang bisa mengisi kekosongan perut anda. baik makanan ringan ataupun berat disana juga ada.

  1. Homestay

Disana juga banyak homestay atau penginapan jika anda ingin bermalam dan menunggu keindahan sunrise di Pantai Slili.

  1. Tiket Masuk

Untuk tiket masuk pantai di Gunung Kidul biasanya sudah disatukan. Untuk Rp.10.000 biasanya anda sudah bisa berkunjung ke beberapa tempat. Namun untuk biaya parkir dan sebagainya bayar lagi.

Nah itu tadi pembahasan mendetail mengenai Pantai Slili. Hal yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan setempat dngan tidak membuang sampah sembarang dan tetap harus berhati-hati ketika sedang bermain air. Usahakan ketika berkunjung bersama dengan orang-orang tersayang seperti keluarga ataupun sahabat and. Agar tercipta momen indah, sehingga sewaktu-waktu anda ingin bernostalgia ke Pantai Slili ini. Semoga Bermanfaat.