Keindahan Pantai Siung

Gunung Kidul, Yogyakarta sudah terkenal akan kecantikan pantainya. Salah satunya Pantai Siung yang terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta. Pantai suing terletak diantara batuan besar dan pegunungan. Selain kendahan pantainya, ternyata pantai suing terkenal dengan tempat panjat tebingnya yang sudah mendunia apalagi di Asia Tenggara.

Wisatawan selain menikmati keindahan Pantai suing, juga banyak yang menikmati keindahan dengan panjat tebing. Hamparan pasir putih yang luas dengan tanaman khas disekeliling pantai menambak ke eksotisan Pantai Siung. Dari Yogyakarta ke pantai siung berjarak 80km, sehingga butuh waktu lebih lama untuk sampai ke pantai suing. Meskipun jauh dari kota, namun ketika samapi disana lelah anda akan terbayarkan oleh keindahan alam yang tak ada duanya. Apalagi diperjalanan anda akan dimanjakan dengan pantai-pantai dan gunung besar yang bebatuan menyerupai gunung berapi. Masyarakata sekitar menyebutnya Gunung Api Purba Batur yang berada di desa balong, Girisubo. Menarik bukan? Selanjutnya akan di bahas mengenai keunikan dari Pantai Siung.

Keunikan Pantai Siung

  1. Asal Usul Nama Pantai Siung

Pantai Siung ternyata memiliki sejarah loh. Nama siung sendiri diambil dari nama kera atau siung wanara. Karena batuan yang ada di pantai siung itu menyerupai gigi kera. Sehingga masyarakat menamainya Pantai Siung. Unik bukan?

  1. Panjat Tebing

Selain mempunyai keunikan pada namanya, pantai siung juga ada tempat panjat tebing. Tebing alami yang ada di Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar panjat tebing. Sehingga ada cara tersendiri menikmati keindahan Pantai Siung, yaitu dari atas tebing. Asal muasal tebing ini pada tahun 1989 batuan besar tersebut memiliki peranan penting bagi para pecinta alam asal Jepang. Mereka menjadikan tebing tersebut untuk pendakian. Sehingga pada tahun 2005 pemerintah meresmikan tempat tersebut sebagai tempat panjat tebing. Bahakn pernah dijadikan lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia. Namun harus hati-hati meskipun sudah ahli, karena batuan yang ada di tebing ini tajam dan licin.

  1. Camping

Selain bisa panjat tebing, anda juga bisa camping di Pantai Siung.anda bisa menikmati suasana malah hari Pantai Siung diatas hamparan pasir putih yang luas. Dengan dentuman ombak yang menabrak bebatuan. Dan ditemani dengan jagung bakar sambil alunan gitar, menambah romantic suasana pantai malam hari.

Namun ketika camping diwajibkan untuk tidak meninggalkan sampah. Maka sebaiknya ketika akan camping siapkan trashbag untuk menyimpan sampah yang anda bawa, sehingga kebersihan pantai tetap terjaga.

  1. Keindahan Pantai Siung dari Atas Bukit

Selain menikmati Pantai Siung secara langsung, anda juga bisa melihat keindahan Pantai Siung dari atas bukit. Bukit yang terletak disebelah timur pantai siung melalui jalan setapak. Dan dijalan setapak tersebut kanan kiri kita adalah jurang, maka perlu berhati-hati. Kemudian kita jalan ke ujung barat hingga akhirnya kita bisa melihat keindahan pantai siung dari atas bukit dan melihat keindahan alam Purwodadi dan laut lepas yang biru dan bersih. Wah menarik bukan?

  1. Wisata Favorit Keluarga

Lebih menyenangkan ketika pergi ketempat yang indah bersama orang-orang terdekat tentunya orang kesayangan. Karena bakalan banyak momen yang tercipta disana, maka Pantai Siung bisa menjadi salah satu pilihannya. Anda juga bisa camping disana ataupun menginap di tempat penginapan sekitarnya.

Kelima hal diatas menjadi keunikan dari Pantai Siung, karena kebanyakan pantai hanya bisa dikunjungi, menikmati sunsetnya dan snorkeling. Namun disini anda juga bisa camping dan panjat tebing juga. Tertarik berkunjung ke Pantai Siung bukan?

Namun yang perlu diperhatikan ketika akan camping ataupun panjat tebing adalah cuaca di daerah setempat. Karena jika musim hujan, anda tidak bisa menikmati keindahana pantai siung dengan puas.

Fasilitas Pantai Siung

Mengenai fasilitas di Pantai Siung jangan ditanya lagi. Karena sudah seperti fasilitas di tempat wisata pada umumnya, sehingga pengunjung juga akan merasa senang kebutuhannya terpenuhi. Di Pantai Siung disediakan fasilitas sebagai berikut :

  1. Toilet

Jika anda selesai berenang ataupun bermain air di Pantai Siung anda bisa membilasnya di toilet sekitar pantai. Sehingga badan anda tidak lagi lengket.

  1. Tempat Parkir

Di Pantai Siung disediakan area parkir yang luas untuk pengunjungnya. Sehingga tidak berjubel di pinggir jalan.

  1. Tempat ibadah

tempat ibadah juga disediakan, untuk memudahkan pengunjung agar tetap bisa beribadah.

  1. Warung Makan

Ketika berwisata makanan menjadi salah satu bawaan yang wajib dibwa. Namun bagaimana ketika lupa membawanya? Tenang saja di Pantai Siung banyak warung makan yang bisa mengisi perut anda. banyak yang menjual makanan khas Yogyakarta ataupun seafood. Sehingga anda tetap bisa menikmati liburan anda tanpa kelaparan.

 

  1. Penginapan

Jika anda tidak suka camping, dan untuk melanjutkan perjalanan tapi tanggung anda bisa menginap disekitar Pantai Siung. Sehingga dikemudian hari anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan keadaan badan yang sudah fresh karena sudah beristirahat.

Sedangkan untuk tarif masuk Pantai Siung Rp. 5.000. itu sudah dengan biaya parkir, namun untuk tarif sewaktu-waktu bisa berubah.

Tips Berkunjung ke Pantai Siung

  1. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi perhatikan mesin kendaraan anda, agar saat perjalanan tetap lancar.
  2. Ketika anda akan bermain air sebaiknya membawa baju ganti. Sehingga ketika anda melanjutkan ke tempat wisata lain, anda menggunakan baju kering.
  3. Ketika anda memeng berniat camping disana, sebaiknya bawa alat camping sendiri agar lebih hemat biaya. Namun jika camping dadakan, tenang saja disana juga banyak yang menyewakan alat camping.
  4. Bawa trash bag untuk mengantongi sampah yang anda bawa, jangan sampai membuang sampah sembarang. Apalagi ditempat seindah Pantai Siung.
  5. Pastikan membawa kebutuhan pribadi yang wajib dibawa ketika bepergian, apalagi keperluan tersebut tidak bisa dibeli disembarang tempat.

Setelah pembahasan diatas dirasa cukup anda bisa langsung buktikan sendiri. Sehingga anda bisa mengatakan bahwa Pantai Siung memang benar-benar indah. Akses jalan yang mudah sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi. Selain itu banyak pemandangan alam yang indah disuguhkan ketika anda hendak menuju Pantai Siung, sehingga perjalanan yang jauh tidak akan tersa membosankan. Keunikan dari Pantai Siung yang menjadi daya tarik tersendiri, seperti tebing yang dijadikan sebagai tempat panjat tebing untuk pecinta panjat tebing, bukit bagi yang suka mendaki sehingga bisa memandang keindahan alam dari atas bukit dan menghabiskan malam dengan suasana malam di pantai dengan cara camping. Maka dari saat  berkunjungi ke Pantai Siung diusahakan orang-orang terdekat seperti keluarga ataupun sahabat. Agar tercipta momen indah dan dikemudian hari anda ingin bernostalgia ke Pantai Siung bersama dengan orang orang terdekat dan tersayang anda.