Kaliurang Jogja Wisata Sejuk di Utara Yogjakarta

Jika anda menginginkan wisata alam yang indah di Jogja, Kaliurang Jogja bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Konon katanya, Kaliurang Jogja ini dibangun oleh para ahli geologi Belanda yang tinggal di Jogja pada abad ke 19 untuk peristirahatan keluarganya.  Jarak tempuh dari pusat kota Jogja menuju Kaliurang hanya 28 Kilometer. Selama perjalanan menuju Kaliurang Jogja anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri. Gunung membentang, di sisi jalan sawah hijau terhampar, dan juga rumah-rumah warga yang ikut menghiasi perjalanan menuju Kaliurang Jogja. Anda bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dari kawasan Kaliurang ini. Namun uniknya, jika anda sengaja ingin melihat gunung tersebut, maka Gunung Merapi akan tertutup kabut seolah malu jika sengaja akan diperhatikan.

Kawasan Wisata Kaliurang Jogja

Di sini, tidak hanya keindahan alamnya saja yang dapat anda nikmati. Anda juga bisa wisata edukasi karena di Kaliurang Jogja banyak sekali bangunan peninggalan sejarah. Anda bisa mengunjungi Wisma Kaliurang, atau Pesangrahan Dalem Ngeksigondo yang dulunya digunakan untuk tempat dilaksanakannya komisi tiga negara. Di sini juga ada sebuah Museum Ullen Sentalu yang mengupas sejarah budaya, dan juga nilai sejarah jawa terutama yang berhubungan dengan Putri Keraton Yogyakarta dan Surakarta. Selain itu di kawasan ini juga terdapat taman bermain anak seluas 10.000 m2. Di taman tersebut anak bisa bermain dengan puas karena disediakan beberapa permainan seperti ayunan, perosotoan, terowongan naga, bahkan kolam renang mini. Lalu ada juga patung jin seperti di kisah-kisah dongeng 1001 malam, patung berbagai hewan, juga ada fasilitas mini car. Kaliurang Jogja juga menyediakan fasilitas kereta kelinci yang lebih dikenal dengan panggilan sepoer bagi pengunjung yang ingin berkeliling di kawasan wisata ini. Sepoer ini dapat anda temukan di dekat kios yang dipenuhi tukang makanan. Rute perjalanan sepoer diawali dari kawasan wisata sebelah timur dan berakhir di kawasan wisata sebelah barat. Jika anda beruntung dan cuaca cerah mendukung, anda dapat melihat keindahan gunung merapin saat sedang menaiki sepoer.

Penginapan di Kaliurang Jogja

Bila anda ingin menikmati keindahan di Kaliurang Jogja lebih lama lagi, di kawasan wisata ini sudah disediakan berbagai penginapan. Penginapannya pun bermacam-macam, ada yang sudah jadi hotel berbintang, ada juga yang masih seperti wisma biasa. Harga yang ditawarkanpun beragam. Ada yang menawarkan kamar mulai dari harga Rp. 80.000 hingga Rp. 200.000 permalamnya.

Jika anda berkunjung ke Kaliurang Jogja, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk keluarga dirumah. Ada buah-buahan hasil petani local yang dijamin segar dan berkualitas, ada juga makanan khas seperti tempe bacem dan jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa).