Jalan-jalan kerajinan Perak Jogja, Kotagede

Kotagede dikenal dengan kerajinan peraknya  yang memang sudah tidak asing lagi. Kotagede  berada  dipinggiran kota Yogyakarta. Wilayahnya beratasan dengan kecamatan Umbulharjo dan Kabupaten Bantul disebelah utaranya. Kotagede sendiri terdiri dari jalan-jalan sempit dimana banyak sekali ditemukan toko-toko perak tradisional serta rumah berubin mosaik yang berjajar rapi dipinggir jalan. Rumah-rumah tersebut merupakan rumah dari bangsawan serta pedagang kerajaan pada zaman dulu.

Kotagede ini merupakan salah satu tempat yang dapat anda kunjungi saat bermain ke jogja. Anda dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan di Yogyakarta. Di Kotagede ini juga dapat dijadikan tempat berbelanja atau melihat-lihat beberapa kerajinan perak kotagede buatan tangan.

Sudah dari dulu, KotaGede Yogyakarta terkenal dengan kerajinan peraknya. Seni mengukir serta membentuk perak menjadi macam-macam bentuk telah dikuasai masyarakat Kotagede secara turun temurun. Hasil  dari kerajinan perak yang dibuat oleh para pengrajin di kotagede ini sudah terkenal ke pelosok negeri bahkan luar negeri.perak-perak ini dibentuk menjadi sebuah barang yang dapat difungsikan sebagai pajangan yang mempunyai nilai seni tinggi. Apabila anda penasaran dengan cara pembuatannya, anda dapat mengikuti workshop khusus dimana di workshop tersebut anda dapat melihat langsung cara pembuatan perak dari pengrajinnya langsung.

Masyarakat kotagede sebagian besar mencari nafkah dari hasil kerajinan perak. Terbukti banyaknya toko kerajinan tangan yang terbuat dari perak disepanjang jalan utama Mondokan samapi jalan Tegal dan Gendu. Disepanjang jalan tersebut anda bisa melihat berbagai macam toko bertuliskan “perak” atau “emas” yang menandakan ciri khas dari toko tersebut.

Selain sebagai sentra pengrajin perak, ternyata kotagede ini dulunya adalah ibukota lama kesultanan mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo sebelum kerajaan tersebut pecah menjadi dua, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta. Maka, tak aneh apabila di kotagede ini masih terdapat situs-situs bersejarah yaitu komplek makam raja-raja mataram dan masjid agung kotagede. Semunya bermula dari kebiasaan para abdi dalem membuat barang-barang keperluan keraton untuk perhiasan bagi para raja dan kerabat keraton.

Kotagede sampai saat ini menjadi sebuah tempat wisata yang menarik minat pengunjung untuk didatangi baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Kerajinan perak yang memiliki daya jual tinggi tak dapat dilewatkan begitu saja. Beberapa bentuk kerajinan yang unik dan khas ini yaitu cincin pria dan replica candi.cincin pria ini dibuat dengan bahan perak dengan kadar perak 925 sehingga perak dapat dibersihkan dengan mudah.

Seperti tempat wisata lainnya. Apabila anda sudah puas dengan perhiasan. Anda dapat mengunjungi beberapa tempat lainnya. Yaitu mengunjungi Masjid Agung Kotagede, makam raja-raja mataram, atau berburu makanan tradisional.