Indahnya Pantai Sepanjang Gunung Kidul yang Menarik untuk Dikunjungi

Banyak sekali pilihan tempat wisata jika anda berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, selain candi yang terkenal di Kota Jogja, namun keindahan pantai pun memang tidak di ragukan lagi. Pantai Sepanjang Gunung Kidul salah satu pantai yang menarik banyak wisatawan. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang pantai terpanjang di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai yang dibuka oleh Pemkab Gunung Kidul ini terbilang masih baru, terlihat dari bibir pantainya dan terdapat banyak pohon palem di daerah situ yang berjajar dengan rapi, anda juga akan menemukan anekaragam karang-karang yang muncul dari pantai, berbagai jenis biota laut, ikan-ikan hias kecil, bulu babi, anggang laut dan masih banyak binatang laut yang lainnya. Biasanya penduduk setempat bisa berburu rumput laut, kerang-kerangan yang dapat di konsumsi atau di jual oleh penduduk sekitar.

Di Pantai Sepanjang Gunung Kidul anda juga akan menemukan dua bukit dan pada lereng bukitnya dipakai oleh masyarakat untuk bercocok tanam, juga terdapat tempat tinggal masyarakat sekitar yang berbentuk gubuk-gubuk kecil.

Pantai Sepanjang Gunung Kidul yang unik

  1. Fasilitas

Jangan khawatir tidak mendapatkan fasilitas umum di Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini. Anda bisa menemukan banyak kios makanan atau restaurant yang tentunya menjual banyak seafood, dan anda akan menemukan beberapa penginapan, toko souvenir yang terhitung lengkap di sekitar sini,terdapat juga parkiran dan toilet umum.

  1. Situs Sejarah

Selain menikmati pantainya yang indah, anda juga dapat menemukan situs bersejarah di pantai ini, atau yang dikenal dengan banyusepuh. Banyusepuh yang artinya membasuh menggunakan air karena tempat ini dijadikan sebagai mata air untuk membasuh juga memandikan benda-benda pusaka.

  1. Lokasi

Jika anda berminat untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat ke Pantai Sepanjang Gunung Kidul, pantai yang terletak di Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunung Kidul ini terletak di 1 km dari pantai drini dan juga berada di timur pantai Kukup. Di kawasan ini anda memang akan banya menemukan pantai karena memang Gunung Kidul dilengkapi dengan pantai-pantainya yang panjangh itu, anda akan menempuh perjalanan kurang lebh 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta untuk sampai di Pantai Sepanjang Gunung Kidul ini. Jalananya tidak jelek, namun cukup berkelok-kelok dan di beberapa titik anda akan menemukan jalanan yang kecil hingga anda harus cukup berhati-hati saat berkendara menuju pantai ini. Jika sudah sampai dikawasan pantai, jangan sampai tertukar dengan pantai yang lainnya.

 

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta, semoga bisa menjadi referensi berwisata anda bersama sanak keluarga maupun bersama kerabat anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan barabr bawaan anda yang tepat untuk berlibur di pantai ini.