Desa wisata tembi desa yang wajib anda kunjungi

Yogyakarta selalu banyak cerita. Pernahkah anda mendengar desa yang unik di daerah Jogja bernama Desa Wisata Tembi? Baiklah jika anda belum pernah mendengarnya. Desa tersebut jika dari pusat kota Jogja hanya menghambiskan waktu untuk sampai kesana kira-kira 15 menit atau menempuh jarak 8.5 km. Tepatnya di Kabupaten Bantul, Kecamatan Sewon, Kelurahan Timbulharjo.

Nama Tembi itu sendiri katanya berasal dari nama seorang Dewi yiatu Dewi Tembi. Pantas sekali dengan kesejukan dan ketenangan yang ada di desa tersebut bernama Tembi. Namun pada awal mulanya ada desa ini berasal dari sebuah keprihatinan warga negara Australia yang peduli terhadap keindahan alam yang berada di Desa Tembi ini yang kemudian mendapat respon yang bagus dari mentri kebudayaan saat itu. Maka di tahun 1994 desa Tembi pun  diresmikan sebagai desa wisata.

Namun siapa sangka desa yang telah tertata rapi dengan segala keindahannya di tahun 2006 sangat memprihatinkan karena porak poranda akibat dari gempa hebat berasal dari meletusnya gunung Merapi. Bahkan ada sebagian rumah warga desa Tembi ini yang rata dengan tanah. Tapi beruntung ada bank swasta yang ternyata peduli dengan desa wisata dengan memberikan bantuan sehingga desa wisata Tembi bisa dibangun kembali dan bisa terlihat seperti yang kita lihat sekarang jika anda mengunjunginya.

Di desa ini anda bisa menelusuri seluk beluk semuanya dengan berjalan-jalan. Tentu akan sangat menyenangkan bagi anda dusun bersih, pemandangan seperti tertata rapih, ditambah dengan keramahan penduduknya yang akan membuat anda lebih nyaman. Dan anda akan merasa terlupakan dari kehidupan penat sehari-hari dan anda seperti terhindar untuk sementara dari hingar bingar perkotaan.

Menelusuri sepanjang desa Tembi,  membawa aura kebahagiaan tersendiri, jalan – jalan dusun yang bersih, pemandangan yang menakjubkan dan keramah tamahan penduduknya, membuat nyaman, untuk sejenak melupakan kepenatan rutinitas sehari – hari.

Banyak hal yang menarik tentunya di desa ini yang akan membuat anda dengan rilex ingin lebih lama disini. Seperti galeri batik , sanggar lukis, dan resto yang menyediakan tidak hanya makanan lokal namun terdapat juga menu internasional yang kabarnya bekerjasama dengan kedutaan negara Mexico. Menarik sekali untuk dikunjungi desa ini. Selain itu anda bisa mengitari desa ini dengan andong, namun jangan terlalu pagi datangnya karena kudanya masih enak bobo pagi. Jadi aga siangan ketika anda ingin menaiki andong.

Anda penasaran kenapa desa ini tetap terjaga terus kebersihannya? Betul sekalai karena disini terdapat petugas yang membersihkan desa ini. Tentu saja apabila anda disini anda bisa mengobrol pula dengan para petugas ini jika anda ingin mengetahui informasi yang mendalam atau hanya untuk menanyakan toko untuk anda berbelanja anda akan dijamu dengan keramahan.

Begitulah informasi tentang desa wisata tembi. Semoga bisa anda kunjungi.