Desa Wisata Pulesari Yogyakarta

Berbicara wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta yaitu Desa Wisata Pulesari yang berada di Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, RT. 01/22, Kelurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata pulesari ini dibentuk pada tahun 2012 lalu berkat kesadaran masyarakat mengenai potensi wisata yang dimiliki desa pulesari.

Desa wisata sendiri berarti desa yang dirancang untuk berwisata, mulai dari suasana yang disajikan seperti tadisonal, asri tenang dan go green. Selain itu pula budaya dan tradisi juga dijaga dengan baik. begitupun dengan desa wisata pulesari yang di bangun sedemikian rupa.

Apalagi bagi anda yang setiap harinya hidup di kota, tentu akan merindukan suasana pedesaan. Jenuh akan aktifitas sehari-hari, anda bisa mengunjungi desa wisata pulesari. Tidak jauh berbeda denga desa wisata lainnya, disana disajikan kebudayaan daerah tersebut tentunya yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain kebudayaan pengunjung juga bisa memanen salk lho. Biasanya jika kita kepuncak atau daerah dingin kita memanen stroberi, namun disini kita bisa memanen salak.

Ada berbagai hal yang bisa anda lakukan di desa wisata pulesari.  Berikut ini hal yang bisa anda lakukan ketika ke desa wisata pulesari :

  1. Outbond

Outbond merupakan kegitan yang berada diluar ruangan, dalam hal ini biasanya berkaitan dengan alam. Nah untuk di desa wisata pulesari saat outbond anda bisa menyusuri gua yang ada disana ataupun sungai yang jernih. Di desa ini ada sumber mata air yang jernih. Tentunya mata air ini menguntungkan bagi petani setempat untuk perairan sawah. Dengan begitu pengunjung juga bisa bermain disawah. Wah menarik bukan? Anda akan merasakan suasana pedesaan yang asri dan tenang sungguhan.

  1. Panen Salak

Bagi anda yang hidup di kota biasanya buah-buahan langsung makan saja. Namun berbeda ketika berkunjung ke desa wisata pulesari. Disana anda bisa melihat proses panen salak, bahkan anda juga bisa memetik sendiri salak yang ada disana. Namun hati-hati ya ketika memetik, karena pohon salak adalah jenis pohon pakem yang berduri. Maka dianjurkan untuk mengenakan sarung tangan ketika memetik salak.

  1. Tari Salak

Tari salak menjadi salah satu kesenian tradisional di desa wisata pulesari. Kemudian kesenian lainnya yaitu karawitan, Kubro Siswa dan jathilan. Selain itu kebudayaan yang biasanya diselenggarakan disana seperti tradisi tahunan yaitu Upacara Adat Pager Bumi. Upacara ini biasanya dilaksanakan setiap bulan safar rabu pungkasan.

Selain anda menikmati suasana pedesaan anda juga dapat wisata budaya juga. Bahkan desa wisata Pulesari termasuk dalam salah satu dari 20 destinasi wisata yang akan diikutkan dalam program Internasional Sustainable Tourism Development (STD). Waw keren bukan?