Cara Menjaga Payudara Selama Menyusui Agar Tetap Tegar Dan Bersih

Menjadi seorang ibu adalah impian besar bagi semua wanita di dunia ini. Ketika bayi lahir di dunia, semuanya tertarik padanya dan semua perhatian dialihkan ke arah bayi. Menjadi ibu terasa lengkap saat bayi menyusui untuk enam bulan pertama. Ini adalah pengaruh yang sangat positif pada perkembangan bayi.

Karena tidak ada makanan yang bisa bersaing dengan nutrisi dan nutrisi dalam ASI. Bahkan jika formulanya jauh lebih baik daripada susu. Oleh karena itu, pengiriman ASI adalah kewajiban yang paling penting. Selain ASI, ibu juga harus merawat payudaranya secara teratur, jika menyusui optimal untuk menyusui.

Perawatan payudara sangat penting selama menyusui. Penempatan adalah bagian dari payudara yang sangat diperlukan untuk menerima perawatan rutin selama menyusui. Melalui puting, si bayi mendapat asupan makanannya. Karena itu puting harus selalu bersih dan sehat.
Selain mengoptimalkan pemberian ASI untuk bayi, perawatan payudara selama menyusui juga dapat memfasilitasi produksi ASI.

Ini adalah tips yang ibu harus lakukan untuk memperbesar payudara secara alamiĀ selama masa menyusui.

1. Pilih Bra khusus

Pilih dan kenakan sweter yang bisa menyerap keringat. Juga, pilih ukuran yang benar, jangan terlalu ketat atau terlalu besar untuk menahan dada dengan baik.
Pilih bra yang didedikasikan untuk ibu menyusui, ini dapat memudahkan ibu untuk memberikan ASI.

2. Bersihkan rutinitas puting

Bersihkan puting dengan air hangat setiap kali mandi. Hindari menggunakan sabun terhadap puting karena akan mengeringkan dan mengupas puting. Mengupas lapisan puting menyebabkan rasa sakit saat menyusui.

3. Gerakan otot

Lakukan gerakan otot di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pendukung, dapat mempertahankan bentuk payudara setelah menyusui dan juga dapat memfasilitasi produksi ASI.

Pijat payudara ke-4

Dengan lembut pijat puting dan daerah sekitarnya dengan indeks dan jempol.
Pijatan ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan bahkan kelembaban payudara dapat mengangkat sel kulit mati.
Pijat adalah ide yang baik untuk menggunakan minyak bayi, minyak zaitun atau minyak kelapa dan ketika selesai, pijat puting dengan air hangat.

5. Atasi gigitan bayi

Jika putingnya macet akibat gigitan bayi, tiup beberapa tetes ASI di puting dan biarkan mengering sebelum menutupnya dengan bra. ASI adalah penyembuh luka karena gigitan bayi.
Ini adalah beberapa cara untuk mengobati puting ketika ibu masih aktif saat menyusui. Itu bisa berguna