Bukit Panguk, Wisata Hits di Yogyakarta

Kali ini bukan akan membahas mengenai Candi Kota Yogyakarta, melainkan perbukitan yang menjadi destinasi hits dan terbaru di Kota Yogyakarta saat ini. Banyak sekali bukit-bukit di Yogyakarta yang menyajikan keindahan alam yang mengagumkan, namun yang baru-baru  ini menarik perhatian wisatawan ialah, Bukit Pangkuk yang berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini memang paling cocok untuk anda yang ingin melihat keindahan kota dan keindahan alamnya seakan kita berada di atas awan.

Bukit Pangkuk yang dibuka pada tahun 2016 lalu ini berada dalam satu kawasan wisata dengan kebun buah mangunan, dan hutan pinus dlingo dan menariknya kawasan wisata perbukitan ini dikelola oleh warga sekitar. Jika anda berminat menuju Bukit Pangkuk, terbilang cukup mudah, dari pusat Kota Yogyakarta anda bisa langsung mengambil jalan menuju Imogiri Timur, dan di jalan ini anda akan langsung dibawa menuju Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo, sesampainya disini langsung menuju ke Dusun Kediwung, lalu langsung menuju Bukit Pangkuk, anda akan di arahkan oleh warga sekitar, dan banyak petunjuk menuju Bukit Pangkuk ini.

Karena kondisi jalan yang belum memungkinkan terlebih jalan naik turun dan rusak, jika anda berkunjung kemari disarankan untuk membawa kendaraan roda dua, dan kondisi motor yang baik, karena akses menuju bukit tersebut cukup terjal, dan pastikan jika anda berhati-hati. Sesampainya di Bukit Pangkuk, anda akan disajikan dengan panorama alam yang indah yakni pergunungan dan hutan pinus, dan sejuknya udara. Banyak orang yang mengabadikan momen disini mapun ber-selfie. Spot foto terbaik yakni balkon atau gardu pandang yang mengarah ke arah tebing. Tidak sedikit orang-orang datang kemari pada jam setengah 6  pagi dengan tujuan memotret sunrise yang dihiasi oleh fog. Indah kan?

Sedangkan tiket masuk meuju Bukit Pungkuk ini hanya dikenankan tarif sebesar Rp. 2000 – 5000 saja. Tentu saja harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan pemandangan yang indah tersebut. Jika anda berkunjung kemari jangan khawatir takut kelaparan, karena di kawasan ini sudah banyak kios-kios makanan yang menjual makanan hangat dan minuman yang hangat untuk mengisi perut anda dalam sejuknya udara. Sebaiknya jika berkunjung kemari pada saat musim kemarau, karena saat musim hujan bebatuan dan jalanan akan lebih terasa lebih licin. Maka anda harus berhati-hati, gunakanlah pakaian yang nyaman dan tidak lupa membawa atau menggunakan pakaian yang hangat karena udara di sekitar cukup dingin. Lalu tunggu apalagi ? anda dapat mengajak kerabat maupun pasangan anda untuk berkunjung kesini. Demikian ulasan mengenai Bukit Pangkuk Kediwung Dlingo semoga dapat menjadi referensi berwisata anda di Kota Yogyakarta