Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan

Informasi pendidikan saat ini semakin berkembang dengan pesat tentunya bagaimana tidak saat ini dengan teknologi yang semakin canggih membuat semua informasi akan mudah sekali didapat. Terdapat banyak sekali blog informasi pendidikan yang bisa dipelajari. Namun, tentu saja proses pembelajaran secara langsung akan lebih terasa manfaatnya dibandingkan hanya membacanya saja tanpa memahami apa yang dibicarakan.

Agar melahirkan para peserta didik yang bekualita baik itu untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas perlu mengadakan beberapa program pembelajaran yang yang akan menunjangnya. Salah satu program pendidikan yang harus dilaksanakan oleh sekolah-sekolah tersebut salah satunya seperti program pengayaan. Program ini diharapkan tidak hanya dapat mengoptimalkan kemampuan para siswa melainkan diharapkan dapat memberikan nilai tambah untuk mengubah akreditasi sekolah.

Program pembelajaran pengayaan merupakan salah satu bentuk kegiatan tambahan yang diselenggarakan oleh berbagai sekolah-sekolah di Indonesia. Program ini ditujukan kepada para siswa atau siswi yang telah memenuhi syarat atau kepada para siswa-siswi yang memiliki kemampuan lebih dalam belajar, dengan kata lain program ini merupakan salah satu program pembelajaran khusus tidak semua siswa-siswi disekolah tertentu akan mendapatkannya.

Lalu, Apa Saja Bentuk Kegiatan Pembelajaran Pengayaan Itu?

Pada umumnya, terdapat beberapa macam bentuk kegiatan dalam program pembelajaran pengayaan. Namun, pelu anda ketahui terlebih dahulu pengayaan ini berbeda dengan remedial yang mana remedial merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan untuk para siswa-siswi yang memiliki nilai dibawah KKM. Sedangkan untuk pengayaan sendiri diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki nilai diatas KKM.

Kegiatan pengayaan ini diadakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan kemampuan belajarnya dan tidak hanya itu saja progam ini juga juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir, minat, kreativitas, bakat dan keterampilan para peserta didik yang cenderung berbeda. Sedangkan untuk remedial bertujuan untuk meningkatkan nilai salah satu siswa-siswi yang memiliki nilai kurang, namun dalam hal ini juga siswa yang mendapat remedial bukan hanya mendapatkan nilai bagus saja melainkan perlu paham tentang pelajaran yang dipelajari.

Berikut beberapa bentuk kegiatan pembelajaran pengayaan :

  1. Belajar mandiri yang mana setiap siswa akan belajar sendiri tentang suatu materi sesuai dengan kemampuannya sendiri.
  2. Belajar kelompok yang merupakan siswa satu disatukan dengan siswa lainnya dalam suatu kelompok. Kelompok tersebut akan diberikan materi yang sama dan dipelajari dalam waktu yang sama pula.
  3. Pembelajaran berbasis tema yang mana siswa akan mempelajari hubungan materi dengan disiplin ilmu yang dipadukan dalam suatu tema sesuai dengan kurikulum.
  4. Pemadatan kurikulum yang mana siswa akan mempelajari kompetensi dan materi yang sama sekali belum diketahuinya.

Itulah sekilas informasi pendidikan mengenai bentuk kegiatan pembelajaran pengayaan yang bisa diterapkan di sekolah. Semoga bermanfaat!