Apa Itu Monjali ?

Masih sedikit asing untuk kita wisatawan mendekar kata Monjali. Ternyata, Monjali adalah singkatan dari Monumen Jogja Kembali. Satu wisata edukasi ini bertema museum di Jogja. Monjali orang kenal, banyak menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang terjadi da nada di Kota Yogyakarta. Monjali sudah tidak asing lagi mungkin di telinga dan di mata para pelajar dan pengajar Indonesia. Sebab ramainya pengunjung yang datang biasanya dari lembaga pendidikan yang mengadakan darmawisata.

Sudah sejak 29 tahun lalu Monjali ini berdiri. Museum yang dikelola oleh disbudpar setempat ini kita menjadi salah satu list yang harus kita kunjung baik secara lembaga atau perorangan. Monjali terletak di utara Kota Yogyakarta, museum yang unik dengan bentuk bangunan kerucut ini mempunyai tiga laintai yang bisa kita jajal. Konon bentuk bangunan Monjali melambangkan gunung, yang sudah kita ketahui juga kebudayaan orang Jawa terhadap gunung itu menganggap ikon kesuburan. Selain untuk tempat menghimpun sejara Negara, juga untuk menjaga budaya nenek moyangnya pada saat pra sejarah dahulu.

Monjali mempunyai keunikan mulai dari jalan masuk menuju pintunya, ada empat jalan untuk menuju bangunannya. Keempat jalan tersebut dikelili oleh kolam. Ketiga lantai yang ada di Monjali berisi benda-benda klasik yang mempunyai cerita masing-masing. Hanya dengan tiket Rp 10.000 untuk weekday dan Rp 15.000 saja untuk weekend Anda sudah dapat menikmati nuansa perjuangan di Monjali.

Selain Anda merasakan nuansa perjuangan yang begitu kental di Monjali, Anda dapat melihat benda yang berjuta makna, seperti alat peperangan yang digunakan dulu, telepon pada zamannya, pakaian, buku, mesin-mesin dan benda unik lainnya. Anda juga bisa datang hanya untuk mincing di kolam sekitar Monjali. Dan tidak perlu khawatir masalah perut Anda, disana akan mudah menemukan pedagang yang memberikan Anda banyak tawaran makanan khas Yogyakarta tentu dengan saku yang tipis.

Tidak perlu terburu-buru juga jika Anda berkunjung k Monjali sudah terlalu sore. Karena jika Anda beruntung, di malam hari biasanya tepat di kawasan Monjali biasanya ada taman lampion. Sembari menikmati terangnya kota Jogja dari Monjali dibandtu dengan pencahayaan lampion, Anda juga disuguhi culinary night disana. Taman pelangi orang bilang, yang mulai dibuka pada petang hari sembari menikmati indahnya senja di kota Yogyakarta.

Tidak akan kehabisan ide untuk menikmati Monjali lebih lama, karena disana banyak mainan atau wahana yang bisa kita coba, mulai dari kayuh bebek, bola-bola air, atv, puri hantu, trampoline dan lain sebgainya. Lagi-lagi Jogja memberikan harga yang ramah di kawasan Monjali. Tidak sedikit juga wisatawan yang datang sengaja ke Monjali pada malam tahun baru untuk menghabiskan detik-detik akhir tahunnya dan pergantian tahun. Wisatawan local dan asing pun berebut spot swa foto yang instagramable di Monjali.

Tunggu apalagi untuk melihat bangunan yang dibanggakan dan dilestarikan oleh warganya. Mari menjadi salah satu bagian dari Monjali dengan datang dan mengetahui lebih dalam apa saja yang ada disana. Alamat dari Monjali itu ada di Jalan Ring Road Utra Sleman Yogyakarta. Dengan bantuan peta digital Anda akan dengan mudah menemukannya.