4 Bagian Taman Sari Jogja

Yogyakarta mempunyai banyak alasan untuk tidak dilewati begitu saja di waktu berlibur Anda. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi dan wisata sejarah kumplit ada di Yogyakarta. Dan wisata itu semua menjadi daya tarik yang tinggi kepada wisatawan local maupun asing. Salah satunya Taman Sari Jogja, siapa yang tidak tahu. Destinasi wisata yang hits dikalangan remaja dewasa ini sedang naik daun pada 3 tahun terakhir. Taman Sari Jogja menyajikan kelengkapan wisata, paket edukasi, bermain, gembira bahagia juga membuat kita menambah wawasan.

Wisata yang berlokasi di Jalan Taman Yogyakarta ini memberikan paket wisata yang lengkap hanya di satu tempat atau satu kawasan. Taman Sari Jogja tidak jauh dari alun-alun keraton. Aksesnya mudah dan tempatnya yang strategis membuat semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Salah satu alasan terkuat wiasatawan berkunjung ke Taman Sari Jogja karena dianggap Taman Sari Jogja all package dari apa yang diinginkan wisatawan.

Atas dasar itu, yang sudah merencanakan akan berlibur ke Yogyakarta, atau bahkan yang sudah memasukkan Taman Sari Jogja sebagai tempat yang akan segera dikunjungi. Sebagiknya Anda harus tau dari bagian-bagian yang ada di Taman Sari Jogja. Ada apa aja sih? Yuk kita simak.

  1. Danau Buatan, Taman Sari Jogja

Yang akan Anda temukan disana adalah sisa bangunan bersejarah sejak zaman HB I dengan luas yang mencapai 10 hektar ini terdiri dari beberapa bangunan dan bagian. Salah satunya danau buatan yang terletak di sebelah Barat dahulunya.  Danau yang diberi nama segaran ini dilengkapi taman dan kebun yang mengelilingi danau buatan di Taman Sari Jogja, pada saat itu. Namun kini yang dapat anda saksikan adalah kecantikan dan keistimewaan dari bangunan kuno yang dulunya adalah pemukiman padat dengan nama kampung Taman.

  1. Umbul Pasiraman , Taman Sari Jogja

Bagian yang kedua ini terbilang bagian yang paling utuh dan bagian yang paling banyak dikunjungi wisatawan local maupun asing. Dahulu, bagian ini merupakan bagian pemandian sultan dan antek-anteknya yang istimewa. Dari bagian satu tadi, Anda cukup bergerak kea rah selatan untuk menemukan tempat ini di kawasan Taman Sari Jogja. Dibagian kedua ini juga tidak hanya satu bangunan yang akan Anda temukan tapi ada beberapa yang masih terlihat utuh dibandingan bagian satu.

  1. Pasarean Dalem Ledok Sari, Taman Sari Jogja

Selanjutnya ada bagian yang paling tidak banyak meninggalkan jejak di Taman Sari Jogja, tidak banyak yang dapat kita lihat. Konon tempat ini merupakan focus untuk peraduan sultan dengan permaisurinya. Terdapat tempat tidur yang dibawahnya dialiri air dan beberapa ruangan yang istimewa diduga tempat permaisurinya. Karena tak banyak yang dapat dilihat pada bagian ini, banyak yang menduga ditempat ini juga terdapat beberapa taman dan tanaman buah untuk pelayanan sultan pada saat itu.

  1. Jembatan gantung dan anak, Taman Sari Jogja

Bagian ini adalah bagian yang hanya menyisakan jembatan gantung dan tidak ada yang lainnya. Dari keempat bagian Taman Sari Jogja, bagian keempat yang paling habis tidak menyisakan apapun. Padahal dahulu ini adalah danau-danau buatan, yang disambungkan oleh jembatan tersebut.

Dari keempat bagian yang sekarang masih dijadikan sebagai tempat wisata adalah bagian ke dua. Karena bagian itulah yang masih banyak meninggalkan bangunan dan peninggalan lainnya yang dapat kita nikmati. Selain untuk mngetahui banyak sejarahnya, kita juga dapat berswa foto disetiap spotnya. Sedangkan 3 bagian dari Taman Sari Jogja sebagian sudah dijadikan sebagai perkampungan warga yang konon katanya dahulu mereka abdi di keraton.